Home > Teknologi > Gadget > Begini Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Begini Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Jakarta – Google baru saja merilis fitur terbarunya yang memungkinkan pengguna smartphone Android untuk melacak gadgetnya yang hilang, bahkan mengunci dan menghapus file yang terdapat di dalamnya dari PC atauperangkat mobile lainnya.

Begini Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Fitur yang diberi nama “Find My Device” ini dapat digunakan melalui Google Chrome. Find My Device sebelumnya dikenal sebagai Android Device Manager.

Lantas bagaimana cara menggunakan layanan Find My Device ini?

1. Ketik kata kunci ‘find my phone’ pada mesin pencari Google. Sebelumnya, login ke akun Anda agar perangkat yang Anda gunakan terhubung ke smartphone yang hilang.
2. Setelah terhubung dengan akun Google yang terpasang pada akun yang hilang, akan tampil jenis smartphone yang Anda gunakan dengan akun tersebut. Pilih gambar smartphone Anda yang hilang, kemudian Anda akan disajikan tampilan yang
memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan smartphone tersebut melalui browser
Chrome atau dari ponsel lain.
3. Fitur ini juga memungkinkan Anda melihat aktifitas smartphone Anda setelah hilang, termasuk apakah kata sandi Google Anda telah diubah.
4. Klik menu “Lokasi” untuk menunjukkan lokasi terakhir yang terdeteksi dari ponsel Anda. Selain itu, Anda dapat memanggil atau mengunci smartphone Anda jika perangkat itu dicuri atau tertinggal di tempat umum.
5. Pilih menu “Lock” untuk menampilkan pesan khusus yang dapat di custom beserta nomor telefon, pada layar kunci smartphone Anda yang hilang, guna memudahkan mereka untuk mengembalikan smartphone Anda jika ada yang menemukannya.
6. Anda juga dapat menghapus data di dalam smartphone Anda yang hilang agar informasi pribadi Anda tidak dapat diakses oleh orang lain. (samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Apple Akan Rilis Ponsel Layar Lipat?

Apple Akan Rilis Ponsel Layar Lipat?

Jakarta – Kabar mengenai adanya pabrikan yang mulai melakukan riset mengenai ponsel layar lipat, Sepertinya ...