Home > Hiburan > Gosip > Mengenal Sindrom Tourette Yang Diidap Tora Sudiro Selama 2 Tahun

Mengenal Sindrom Tourette Yang Diidap Tora Sudiro Selama 2 Tahun

Jakarta – Pada hari senin (07/08/2017) kemarin pengacara artis Tora Sudiro, Lydia Wongsonegoro, menjelaskan kepada publik bahwasanya alasan Tora mengkonsumsi Dumolid adalah dikarenakan adanya latarbelakang penyakit yang diderita oleh Tora sejak lama.

Mengenal Sindrom Tourette Yang Diidap Tora Sudiro Selama 2 Tahun

Tora Sudiro dan Mieke Amalia

“Dalam hal ini, saya sebagai kuasa hukum, mengajukan permohonan untuk dilakukan assessment. Karena Tora itu, tujuannya memiliki itu karena ada latar belakang. Latar belakangnya apa ? Karena dia menderita sakit saraf kok, terus kemudian itu bukan untuk diperjualbelikan melainkan dikonsumsi sendiri. Selebihnya karena ketidaktahuannya aja. Jadi kita mengajukan karena memang Tora sakit,” ujar Lydia di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (07/08/2017).

Lydia juga menyebutkan bahwa penyakit susah tidur yang dialami Tora kambuh saat ditahan di Polres Jakarta Selatan. Ketika di sana juga Tora mendapat banyak kunjungan dari para kerabat dan keluarga.

“Ya kan oramgnya gitu becanda terus. Siapapun yang datang, ‘hai bro gimana film lo’. Selalu bicarakan orang, nggak pernah bicarakan dirinya sendiri. Tidur-tidur ayam, bangun lagi. Ya kan nggak dikasih obat, handphone nggak ada, baju yang melekat aja sama,” katanya.

Baca juga : Tora Sudiro Alami Syndrome Tourette, Pengacara Ajukan Assessment

“Dia kena penyakit syndrome tourette, suka goyang-goyang giyu kan kepalanya. Itu udah 2 tahun dia (sakit, red). Kalau dia cemas atau apa gitu, goyang-goyang lagi, tangannya gerak-gerak terus sama kepalanya. Dia sudah berobat, pasti ada obat-obatan yang dr dokter, Cuma ke sininya udah deh beli yang sembarang karena nggak bisa tidur juga. Dumolid 30 butir itu stok dipakai sendiri,” tambahnya.

Lydia juga menilai bahwa perawatan yang diberikan kepada Tora juga harus diberikan secara terus menerus dan tidak boleh berhenti. Dia menyebutkan bahwa penyakit itu sebenarnya sudah dialami Tora sejak lama.

“Itu orang sakit saraf bukan satu dua tahun, tapi berpuluh-puluh tahun. Tapi itu bukan sesuati yang pilek, batuk, kasih obat selesai,” ujar Lydia.

Lantas, apa arti sebenarnya dari syndrome tourette ?

Dilansir dari situs wikipedia.org, sindrom tourette atau penyakit tourette adalah penyakit neuripsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan tanpa bisa mengontrolnya. Sindrome Tourette merupakan salah satu penyakit yang menurun.

Penyakit ini juga seringkali dikaitkan dengan pengeluaran ucapan kata-kata kotor, kasar, atau menghina yang tak dapat ditahan. Sindrom ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun sebab pastinya masih belum dapat diketahui.
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Awkarin Dikecam Usai Membuat Guyonan Dengan Kata Salat

Awkarin Dikecam Usai Membuat Guyonan Dengan Kata Salat

Jakarta – Bukan Awkarin namanya jika tak menghebohkan jagad infotainment tanah air. Kali ini, Awkarin ...