Jakarta – Penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan telah tertanam dalam penerapan demokrasi Pancasila. Hal tersebut pun bukan sekadar kebebasan, tetapi jugasaling menghargai. Hal tersebut diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan: Demokrasi Bukan Hanya tentang Kebebasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

“Demokrasi bagi bangsa Indonesia bukan hanya tentang kebebasan. Lebih jauh dari itu Demokrasi Pancasila adalah implementasi penghargaan terhadap kemanusiaan,” kata Zulkifli pada Rabu (9/8/2017).

Zulkifli menjelaskan, dengan pemikiran tersebut, seluruh elemen bangsa harus menomorsatukan musyawarah. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

Dia mencontohkan dalam membangun daerahnya, kepala daerah hendaknya mendengarkan keluhan masyarakat dan memberikan jalan keluar terhadap semua permasalahan secara adil.

Demokrasi Pancasila, kata Ketua MPR RI, juga mengamanatkan negara harus hadir bila ada masalah di masyarakat.

Bila nilai Pancasila berupa penghargaan kemanusiaan itu hidup di tengah masyarakat maka akan timbul sikap saling percaya.

“Kemajuan dicapai ketika timbul saling percaya. Rakyat percaya pemerintahnya dan pemerintah pun tidak curiga pada rakyatnya,” kata Zulkifli. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)