Home > Ragam Berita > Internasional > Mengenal Bahasa Suku Guam Yang Mirip Bahasa Indonesia

Mengenal Bahasa Suku Guam Yang Mirip Bahasa Indonesia

Guam – Kepulauan Guam ternyata memiliki keunikan tersendiri, selain memiliki jejak nenek moyang dari Indonesia, secara linguistik dan budaya, Guam juga punya kemiripan bahasa dengan Indonesia. Fakta ini didapatkan dari Malaysia dan Filipina yang menjadi petunjuk asal usul Suku Chamorro.

Mengenal Bahasa Suku Guam Yang Mirip Bahasa Indonesia

Buku berjudul Ancient Chamorro Society karya Lawrence J. Cunningham bahkan membandingkan bahasa suku tersebut dengan kata-kata dalam budaya lain, termasuk Indonesia.

Tertulis dalam buku tersebut, “Berdasarkan perbandingan tersebut, Bahasa Chamorro lebih memiliki kemiripan dengan Bahasa Indonesia,”

Meski demikian, masih dibutuhkan kajian lebih lanjut untuk menentukan dari mana nenek moyang masyarakat asli Guam berasal.

Sementara itu, dari sisi sejarah, Guam mengalami sejumlah pendudukan, dari Spanyol, sempat jatuh ke tangan Amerika Serikat pada tahun 1898, selama Perang Spanyol-Amerika.

Kemudian, pada Perang Dunia II, di awal Desember 1941, angkatan bersenjata Jepang menyerbu Guam. Selama hampir tiga tahun, pulau itu berada dalam kekuasaan Negeri Matahari Terbit, hingga akhirnya direbut kembali oleh AS pada 1944.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bocah Asal Indonesia Yang Gabung ISIS Tewas Terkena Ledakan Bom

Bocah Asal Indonesia Yang Gabung ISIS Tewas Terkena Ledakan Bom

Suriah – Seorang remaja berusia 11 tahun bernama Hatf Saiful Rasul pernah berkata kepada ayahnya ...