Home > Ragam Berita > Nasional > Siswi SMP Yang Lumpuh Setelah Imunisasi MR Awalnya Sehat

Siswi SMP Yang Lumpuh Setelah Imunisasi MR Awalnya Sehat

Demak – Seorang siswi SMPN 4 Demak yang bernama Niken Angelia tiba-tiba merasa lemas dan akhirnya mengalami kelumpuhan setelah disuntik imunisasi Measles Rubela (MR) di sekolahnya pada Rabu (2/8/2017) lalu.

Siswi SMP Yang Lumpuh Setelah Imunisasi MR Awalnya Sehat

Menurut keterangan Yuli Suryaningsih, ibunda Niken, putrinya sehat sebelum mendapatkan imunisasi MR. Namun setelah disuntik, Niken justru merasa lemas dan pusing sehingga harus dirawat di UKS.

“Anak saya mendapat imunisasi pada hari Rabu (2/8/2017). Dia disuntik bersama ratusan siswa-siswi SMPN 4 oleh tim dari Dinas Kesehatan Demak,” ujar Yuli, Senin (14/8/2017).

Setelah pulang dari sekolah, Niken tidak bisa tidur karena bagian pinggang hingga kakinya terasa sakit. Kondisi ini makin memburuk hingga pada Sabtu (12/8/2017) Niken harus dibawa ke RSI NU Demak.

“Lalu dirujuk ke RSUD Sunan Kalijaga. Baru kemudian dibawa ke RSUD Karyadi Semarang,” lanjut warga Desa Bungo, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak.

Menurut Ketua Pokja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Kabupaten Demak, dr Rini SpA menduga apa yang dialami Niken merupakan efek dari pemberian vaksin.

“Perlu diluruskan, sakitnya Niken bukan karena imunisasi, kami sudah melakukan pemeriksaan dan hasilnya sakitnya karena faktor lain yang kebetulan muncul setelah imunisasi,” tandas dr Rini.

Di tempat terpisah, Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Moeloek SpM(K) menjelaskan, kasus ini telah diinvestigasi dan ternyata Niken memiliki riwayat penyakit sebelum diimunisasi.

“Sudah kami cek, sebelumnya dia sudah punya penyakit dan dibawa ke Rumah Sakit Kariadi,” ungkap Menkes Nila di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2017).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

KPK Panggil Kembali Setya Novanto Untuk Diperiksa Senin Besok

KPK Panggil Kembali Setya Novanto Untuk Diperiksa Senin Besok

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka ...