Home > Ragam Berita > Nasional > Cacing Hati Ditemukan Pada Sapi Pemberian Presiden Jokowi

Cacing Hati Ditemukan Pada Sapi Pemberian Presiden Jokowi

Bantul – Salah satu hewan sapi kurban yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi ternyata terdapat cacing hati di dalamnya setelah disembelih.

Cacing Hati Ditemukan Pada Sapi Pemberian Presiden Jokowi

Hal ini ditemukan pada satu sapi jenis Benggala yang disumbangkan Jokowi di Dusun Bodowaluh, Srihardono, Pundong, Jumat (1/9/2017).

drh Sri Rahayu dari Puskeswan Pundong mengatakan bahwa hati sapi tersebut sidah parah dan harus dibuang dengan cara dikuburkan karena tidak layak untuk dikonsumsi.

“Hatinya sudah parah, ciri ciri secara fisik hampir semua bagian hati sudah mengalami perubahan, tidak normal. Jadi yang normal itu berwarna merah hati, itu putih putih, keras, di dalam banyak pasir, banyak lendir, dan kalau dibelah dari lorong lorong kalau dipencet keluar cacing banyak sekali, hampir semua bagian terkena, jadi saya rekomendasikan dikubur,” kata drh Sri Rahayu.

Namun demikian, meski organ hatinya telah rusak tapi dari hasil pemeriksaan bagian tubuh sapi yang lainnnya masih aman untuk dikonsumsi dan dibagikan kepada masyarakat.

Sebenarnya sebelum dipotong, sapi kurban pemberian Presiden Joko Widodo mendapatakan pemeriksaan ante mortem oleh petugas. Dan dari pemeriksaan tersebut sapi itu dinyatakan sehat.

Namum pemeriksaan post mortem, setelah disembelih, baru terlihat bahwa hati sapi telah rusak karena adanya cacing hati.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Buntut Hinaan Anak Si Buta, GP Anshor Bergerak

Buntut Hinaan Anak Si Buta, GP Anshor Bergerak

Jakarta – Akun Twitter milik putri sulung Presiden RI Keempat, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Alissa ...