Home > Ragam Berita > Internasional > Emine Erdogan Serahkan Bantuan Kemanusiaan kepada Pengungsi Rohingya

Emine Erdogan Serahkan Bantuan Kemanusiaan kepada Pengungsi Rohingya

Yangon – Istri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Emine Erdogan, menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Muslim Rohingya saat berkunjung ke kamp di dekat perbatasan Myanmar pada Kamis (7/9/2017). Melihat kondisi pengungsi, ia berharap dunia internasional dapat segera menyelesaikan krisis kemanusiaan Rohingya.

Emine Erdogan Serahkan Bantuan Kemanusiaan kepada Pengungsi Rohingya

Dalam kunjungannya ke kamp pengungsi di Katupalong, Emine Erdogan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan putra Erdogan, Bilal. Emine mengaku terenyuh melihat kondisi pengungsi Rohingya di kamp tersebut. “Tidak mungkin tidak tersentuh oleh hal ini sebagai manusia,” ungkapnya seperti sebagaimana diberitakan Anadolu Agency pada Jumat (8/9/2017).

Menurut Emine, saat ini dunia internasional perlu untuk segera menemukan solusi guna menyelesaikan krisis Rohingya. “Saya berharap dunia memikirkan hal ini dan membantu mereka (pengungsi Rohingya) dengan dua bantuan, yakni bantuan kemanusiaan dan politik,” ujar dia.

Cavusoglu sebelumnya telah menegaskan bahwa Turki akan berupaya sekuat tenaga untuk menyelesaikan krisis Rohingya. “Kami berusaha menghentikan (krisis) ini. Kami akan mengadakan pertemuan di Astana dengan dunia Islam dan akan mengadakan pertemuan lagi di New York, semoga menemukan solusi permanen untuk masalah ini di Rakhine,” katanya.

Baca juga: Mexico City Diguncang Gempa Berkekuatan 8.2SR

Komitmen serupa juga telah dinyatakan Erdogan. Ia berjanji akan menyuarakan tentang penderitaan Muslim Rohingya di Majelis Umum PBB pada 19 September 2017 mendatang.

Pada Selasa (5/9/2017), Myanmar mengizinkan dan memberikan akses kepada Badan Koordinasi dan Bantuan Turki untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada Rohingya. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Turki dengan memberikan 1.000 ton bantuan kemanusiaan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bocah Asal Indonesia Yang Gabung ISIS Tewas Terkena Ledakan Bom

Bocah Asal Indonesia Yang Gabung ISIS Tewas Terkena Ledakan Bom

Suriah – Seorang remaja berusia 11 tahun bernama Hatf Saiful Rasul pernah berkata kepada ayahnya ...