Home > Ragam Berita > Nasional > MA Berhentikan Hakim dan Panitera Pengganti PN Bengkulu Yang Terjaring OTT KPK

MA Berhentikan Hakim dan Panitera Pengganti PN Bengkulu Yang Terjaring OTT KPK

Jakarta – Mahkamah Agung (MA) langsung mengeluarkan surat pencopotan terhadap hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu Dewi Suryana dan panitera pengganti Pengadilan Negeri Bengkulu Hendra Kurniawan setelah keduanya terjaring operasi tangka tangan (OTT) KPK.

MA Berhentikan Hakim dan Panitera Pengganti PN Bengkulu Yang Terjaring OTT KPK

“Setelah memperoleh informasi bahwa ada yang kena OTT, MA langsung memberhentikan aparatur yang bersangkutan, hakim dan panitera di PN Bengkulu. SK pemberhentiannya sudah kita tandatangani,” ujar Ketua Muda Pengawasan MA, Hakim Agung Sunarto, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Selain itu, MA juga memutuskan untuk menonaktifkan Ketua Pengadilan Negeri Bengkulu, Kaswanto selaku atasan Dewi Suryana dan Hendra Kurniawan.

“Jadi atasan langsung harus ikut bertanggung jawab dan badan pengawasan Mahkamah Agung sudah mengirimkan tim ke Bengkulu, malam ini sampai besok akan memeriksa ketua dan panitera,” tutur Sunarto.

Tim dari MA tersebut akan menelisik apakah pimpinan Pengadilan Tipikor dan Pengadilan Negeri Bengkulu telah melakukan pembinaan terhadap anak buahnya atatu belum. Bila sudah maka namanya akan direhabilitasi dan dikembalikan jabatannya.

“Kalau yang bersangkutan tidak memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap anak buahnya, penonaktifkan pejabat struktural akan diteruskan, permanen,” jelas Sunarto.

Menurut Sunarto, MA akan mengambil tindakan tegas terhadap para hakim dan panitera yang terlibat suap atau korupsi.

“Kalau nggak bisa dibina, binasakan saja karirnya. Nggak ada untungnya kalau memang ada keinginan (korupsi) dari aparatur MA dan pengadilan. Karena MA tidak pernah main-main,” tegas Sunarto.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Jakarta – Muhammad Gatot Saptono alias Muhammad Al Khaththath selaku Sekjen Forum Umat Islam (FUI) ...