Home > Gaya Hidup > Begini Tips Make Up Bagi Kulit Berminyak Agar Tetap Awet

Begini Tips Make Up Bagi Kulit Berminyak Agar Tetap Awet

Jakarta – Kulit berminyak menjadi masalah tersendiri bagi wanita dalam hal mengaplikasikan make up, karena jenis kulit ini menjadi ‘tidak bersahabat’ bagi make up. Biasanya make up menjadi luntur dan harus membenahinya berkali-kali.

Begini Tips Make Up Bagi Kulit Berminyak Agar Tetap Awet

Lantas bagaimana langkah yang tepat menggunakan make up bagi kulit berminyak agar tetap awet?

Begini tipsnya:

Kompres Wajah dengan Es Batu
Setelah membersihkan kulit wajah dengan pembersih khusus kulit berminyak, kompres dengan es batu. Pastikan seluruh bagian wajah terkena sensasi dingin dari es batu. Langkah ini selain menyegarkan kulit, juga berguna untuk menenangkan kelenjar minyak pada kulit sekaligus mengurangi produksi minyak.

Gunakan Primer
Lagkah selanjutnya yakni menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation atau alas bedak. Langkah ini sering terlewatkan, padahal primer sangat penting untuk menutupi noda, kerut, pori-pori besar, serta membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, sehingga make up bisa bertahan lebih lama.

Alas Bedak Bebas Minyak
Diamkan terlebih dahulu selama 2-3 menit sebelum kemudian menggunakan alas bedak atau foundation. Pilihlah alas bedak cair yang bebas minyak atau oil free dan sudah dilengkapi SPF.

Gunakan Bedak Tabur
Gunakan bedak tabur karena bedak jenis ini menyerap minyak dengan baik. Hindari penggunaan bedak padat atau two-way cake, karena dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan jerawat. Pastikan juga spons bedak Anda selalu bersih.

Aplikasikan Make Up Matte
Pilihlah jenis make up matte agar kulit tidak terlihat mengkilap. Pertama, pastikan eyeshadow Anda berjenis matte, karena tidak mengandung aksen shimmer atau glitter. Sebab pada kulit berminyak, eyeshadow yang berkilau cepat luntur.
Agar melekat sempurna, oleskan terlebih dulu eyeshadow base pada kelopak mata. Kedua, pilih juga blush on berjenis matte, sehingga rona merah di pipi terlihat lembut dan natural.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Penyakit Seksual Ini Bisa Menyebar Melalui Seks Oral

Hati-Hati, Penyakit Seksual Ini Bisa Menyebar Melalui Seks Oral

Jakarta – Banyak orang yang tidak memahami bahwa sejumlah penyakit menular seksual juga dapat menyebar ...