Misano – Pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso, mengaku tak menyalahkan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang menjalani latihan motorcros hingga berakibat buruk dengan mengalami cedera. Pasalnya itu merupakan hal yang wajar dilakukan oleh seorang pembalap, utamanya MotoGP.

Andrea Dovizioso Akui Latihan di Luar MotoGP Merupakan Hal Penting

Melakukan latihan di luar motor MotoGP merupakan hal penting mengingat kondisi fisik harus dijaga seorang pembalap. Apalagi bagi pembalap MotoGP, mereka tak bisa menggunakan motor tersebut untuk digunakan latihan dengan sembarangan.

“Kami harus menjalani latihan olahraga dan latihan yang berbeda dengan motor, karena kami tidak bisa melakukan tes dengan motor MotoGP kami. Ini adalah satu-satunya cara agar kami tetap fit,” ungkap Dovizioso sebagaimana diberitakan Speedweek pada Jumat (15/9/2017).

Meski begitu, konseskuensi untuk mendapat risiko besar jelas akan ditemui para pembalap yang melakukan latihan di luar MotoGP. Namun, latihan tersebut jelas menjadi penting karena bukan hanya soal menjaga kebugaran tapi juga melatih keseimbangan motor.

“Tapi Anda juga bisa mendapat risiko besar. Saya adalah pembalap yang percaya dengan jenis pelatihan ini. Menurut hemat saya, penting untuk melakukan latihan dengan motorcros. Ini bukan hanya tentang kebugaran fisik, tapi juga latihan yang stabil di atas motor,” tambah pembalap asal Italia itu.

“Memang banyak risiko, tapi jika Anda ingin memperbaiki diri sebagai pembalap, Anda bisa melakukannya tapi tidak perlu mendorong 100%. Cedera juga bisa terjadi. Tapi saya percaya ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri di kelas MotoGP,” tuntasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)