Jakarta – Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan, proses pengerjaan fase I Mass Rapid Transit(MRT), Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), sudah mencapai 80 persen. Pengerjaan tersebut ditargetkan rampung menjelang pelaksanaan Asian Games 2018.

MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Bakal Segera Rampung

“Fase I kan sekarang di angka 80 persen ya, di bulan ini. Target kami, pada saat Asian Games kondisinya sudah harus bersih karena trotoar dan jalan sudah bagus kembali,” ujar William di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (18/9/2017).

Setelah seluruh pekerjaan rampung, fase I MRT akan diuji coba pada Desember 2018. MRT dari Lebak Bulus ke Bundaran HI rencananya beroperasi mulai 2019.

“Pada Desember tahun depan kami akan lakukan uji coba trail run dan Maret 2019 itu adalah target operasi komersial,” kata dia.

Baca juga: Inilah Total Pendapatan Pemprov DKI Dari Mobil yang Diderek

Sementara itu, pengerjaan fase II, yakni rute Bundaran HI-Kampung Bandan, baru sampai tahap penentuan trase. Trase Bundaran HI-Kota sudah final atau definitif, sementara trase Kota-Kampung Bandan masih bersifat indikatif atau belum final karena masih menunggu kejelasan penggunaan lahan milik PT KAI di Kampung Bandan tersebut yang rencananya akan dijadikan depo MRT jalur Selatan-Utar

William menjelaskan, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) akan memfasilitasi percepatan kepastian penggunaan lahan tersebut.

“Ini kan sudah jadi urusannya pemerintah pusat dan KPPIP untuk melakukan konsolidasi,” ucap William. (Tita Yanuantari – harianindo.com)