Jakarta – Kemarin Presiden Joko Widodo membuka Indonesia Business & Development Expo di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Jokowi Juga Pernah Gunakan Jasa Ojek Online Untuk Beli Nasi Padang

Dalam sambutannya, PakPres mengatakan perihal perekonomian global, “Kenapa (perubahan global ini) diulang, supaya kita semua sadar bahwa perubahan itu dari detik ke detik, menit ke menit selalu ada. Ini yang selalu di mana-mana mungkin bapak ibu semua sudah mendengar 10 atau 15 kali saya bicara mengenai ini. Tapi saya ulang terus, supaya sadar perubahan betul-betul melanda dunia,”

“Kita sudah hadapi itu. Sudah ada. Daripada orang jauh-jauh ke toko atau ke mall, kena macet di jalan, ngantre di kasir, cuma keluarkan ini, keluarkan HP, smartphone, buka aplikasi, tik tik tik tik tik, pesan dalam aplikasi, bayar dalam aplikasi, masukin alamat dalam aplikasi, tinggal tunggu barang diantar sampai ke rumah,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan mengenai pengalaman pribadinya dalam perubahan perniagaan online. Dulu Presiden Jokowi kerap memesan makanan dengan mendatangi langsung tempat penjualan makanan, namun sekarang dia memesan makanan melalui aplikasi.

“Saya pesan gado-gado nggak usah datang ke warung gado-gado. Saya minta go food, 30 menit datang. Beli sate, minta go food, 30 menit sampai satu jam datang. Pingin nasi padang juga. Saya kalau di istana pingin nasi padang, tinggal klik nasi padangnya nongol. Itulah pergeseran perniagaan, pergeseran perdagangan dari offline ke online,” pungkasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)