Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Minta Film PKI Yang Baru Harus Sesuai Fakta

MUI Minta Film PKI Yang Baru Harus Sesuai Fakta

Jakarta – Zainut Tauhid Saadi selaku Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa semua pihak harus menghargai film Pengkhianatan G30S/PKI.

MUI Minta Film PKI Yang Baru Harus Sesuai Fakta

Selain itu, Zainut Tauhid Saadi menganggap tidak tepat, bila ada pihak yang mengkait-kaitkan film yang dirilis tahun 1984 itu untuk kepentingan rezim orba.

Tribunnews.com mengabarkan bahwa Zainut berkata “Saat ini tidak ada lagi alasan tersebut, karena Orde Baru sudah bubar,”

“Pemahaman sejarah kepada generasi muda tentang peristiwa pemberontakan dan penghianatan PKI kepada bangsa dan negara yang menimbulkan trauma sejarah bagi perjalanan bangsa,” katanya.

Namun, bagi mereka yang mengambil sikap untuk tidak mau menyaksikan film tersebut, menurut Zainut Tauhid Saadi, di alam demokrasi, sikap tersebut harus dihargai.

Polemik soal film tersebut, satu di antaranya dipicu kebijakan Panglima TNI, Jendral TNI Gatot Nurmantyo yang menginstruksikan jajarannya untuk menyaksikan film tersebut.

Dalam berbagai kesempatan, Gatot Nurmantyo mengatakan dari film yang sudah tidak lagi menjadi film wajib itu, banyak pelajaran yang bisa dipetik, termasuk soal pengalaman pahit Indonesia terhadap komunisme.

Presiden berharap film dengan tema serupa diproduksi dengan berbagai kekiniannya, agar lebih mudah dicerna generasi muda saat ini yang kerap disebut milenial.

“Terhadap rencana pemerintah untuk membuat film dengan versi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial, MUI memberikan dukungan dan apresiasi sepanjang film tersebut didasarkan kepada bukti dan fakta kebenaran sejarah, yang adil, jujur dan objektif,” ujarnya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hina Merah Putih di Sosmed, Pemilik Akun Ini Diciduk Petugas

Hina Merah Putih di Sosmed, Pemilik Akun Ini Diciduk Petugas

Jember – Pihak yang berwajib Kota Jember kali ini dikabarkan berhasil mengamankan seorang berinisial NH ...