Home > Gaya Hidup > Tips > Ingin Tingkatkan Konsentrasi, Konsumsilah Makanan Berikut Ini

Ingin Tingkatkan Konsentrasi, Konsumsilah Makanan Berikut Ini

Jakarta – Tubuh yang sering lesu, tidak bergairah, dan kesulitan fokus ternyata memiliki kaitan dengan asupan makanan yang Anda konsumsi.

Ingin Tingkatkan Konsentrasi, Konsumsilah Makanan Berikut Ini

Kopi

Agar Anda tetap bersemangat dan fokus, coba lakukan lima cara berikut ini:

1. Konsumsi kafein
Minum kopi beberapa jam sebelum beraktivitas dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, minum kopi tidak dianjurkan bagi Anda yang rentan mengalami gangguan pencernaan atau memiliki masalah gas lambung. Jangan pula minum kopi terlalu banyak karena dapat menyebabkan perasaan gelisah dan tidak nyaman.

2. Penuhi kebutuhan glukosa
Glukosa adalah sumber bahan bakar otak. Itu sebabnya, minuman manis dapat memberi efek positif jangka pendek terhadap memori, kemampuan berpikir, dan mental.

3. Ikan
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang menjadi kunci untuk kesehatan otak. Banyak makan ikan juga dikaitkan dengan menurunnya risiko demensia dan stroke. Untuk menunjang kesehatan otak dan jantung, makan 2 porsi ikan setiap minggu.

4. Kacang dan cokelat
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang mampu mencegah penurunan kognitif. Cokelat juga memiliki sifat antioksidan kuat lainnya, dan berisi stimulan alami seperti kafein yang dapat meningkatkan fokus.

5. Biasakan sarapan
Sarapan dapat meningkatkan kemampuan memori jangka pendek dan membuat Anda lebih fokus. Pilih sarapan sehat seperti gandum serat utuh, susu, dan buah-buahan. Hindari konsumsi tinggi kalori karena justru akan menghambat konsentrasi.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

Kecanduan Smartphone ? Inilah Tip untuk Mengatasinya

London – Terjadi peningkatan kebiasaan orang dewasa melihat smartphone mereka di Inggris, yakni menjadi 150 ...