Home > Ragam Berita > Nasional > Puluhan Kapal Pencuri Ikan Bakal Ditenggelamkan Menteri Susi

Puluhan Kapal Pencuri Ikan Bakal Ditenggelamkan Menteri Susi

Jakarta – Selama tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, gencar memerangi Illegal, Unreported and Unregulated ( IUU ) Fishing. Adapun Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan yang berperan menjadi “komandan perang” dan sudah menenggelamkan 317 kapal pelaku IUU Fishing.

Puluhan Kapal Pencuri Ikan Bakal Ditenggelamkan Menteri Susi

Susi menyebut, saat ini masih ada kapal pencuri ikan yang akan kembali ditenggelamkan. “(kapal pencuri ikan) yang siap ditenggelamkan ada 90-an,” kata Susi, di rumah dinas kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Kebijakan itu sesuai dengan amanat Undang-undang 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Kapal-kapal yang ditenggelamkan berasal dari berbagi negara, mulai dari China, Vietnam, Filipina, hingga Malaysia. Penenggelaman tersebut dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Susi mengatakan, hasil penenggelaman kapal tersebut membuat stok ikan meningkat 100 persen. Selain itu, nilai tukar nelayan juga meningkat, karena ikan dapat diakses dari mana saja.

Susi juga menyebut, selama tiga tahun terakhir, konsumsi ikan makin meningkat. Data Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat konsumsi ikan pada tahun 2014 sebanyak 38,14 kilogram per kapita, kemudian naik menjadi 41,11 kilogram per kapita pada 2016, dan ditargetkan naik lebih signifikan menjadi 47,12 kilogram per kapita pada akhir 2017.

Di sisi lain, Susi menyebut impor ikan ke Indonesia turun 70 persen. “Kemudian sekarang masyarakat senang banyak pabrik-pabrik yang dulu mati, mulai hidup lagi. Tapi memang ada 10 pabrik yang akhirnya tutup karena memang mereka juga dari dulu tidak kerja, itu adalah perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan kegiatan kapal asing pencuri ikan di sini,” kata Susi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Jakarta – OK OCE Mart pertama kali di Jakarta berada di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, ...