Home > Ragam Berita > Nasional > Sandiaga Uno Berharap LRT Melintas di Tanah Abang

Sandiaga Uno Berharap LRT Melintas di Tanah Abang

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin kawasan Tanah Abang dilintasi moda transportasi umum light rail transit (LRT). Dia meminta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengkaji fase II LRT ke Tanah Abang.

Sandiaga Uno Berharap LRT Melintas di Tanah Abang

“Saya meminta kajian agar dipanjangkan ke Tanah Abang, karena LRT itu nanti akan mendapatkan penyatuan atau integrasi moda dengan kereta api,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat (24/11/2017) malam.

Sandiaga menjelaskan, ada 100.000-300.000 warga yang menggunakan kereta api ke Tanah Abang setiap harinya. Integrasi moda itu diperlukan untuk mengakomodasi warga yang menggunakan transportasi umum.

Selain itu, LRT itu diperlukan mengingat kawasan tersebut akan dibangun dengan konsep transit oriented development (TOD). “Tanah Abang ini kami akan bangun bersama Kereta Api Indonesia dengan konsep TOD, alangkah baiknya kalau digabungkan, diintegrasikan dengan LRT. Jadi, kajiannya itu sekarang lagi dibuat oleh teman-teman Jakpro,” kata dia.

Baca juga: Sandiaga Uno Tegaskan Bakal Bikin Pangkalan Ojek Online

Sandiaga yakin fase II LRT bisa mulai dikerjakan setelah pelaksanaan Asian Games 2018. Direktur Utama PT Jakpro Satya Heragandhi, kata Sandiaga, akan mencari sumber pendanaan dengan sistem perbankan untuk membangun fase II LRT.

Sementara anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) akan digunakan untuk subsidi berupa public service obligation (PSO). “Harus ada APBD-nya karena nanti ada PSO-nya,” ucap Sandiaga. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Amien Rais di Kongres 212 : Kita Cuma Ditantang Kecebong

Amien Rais di Kongres 212 : Kita Cuma Ditantang Kecebong

Jakarta – Acara Kongres Alumni 212 yang digelar di Wisma PHI, Jakarta Timur pada Kamis ...