Nias – Sebelumnya telah diberitakan gempa bumi mengguncang Kota Padangsidimpuan. Kali ini, gempa dengan kekuatan 4,2 skala richter mengguncang Kabupaten Nias.

Gempa 4,2 Skala Ritcher Hebohkan Warga Kabupaten Nias

Seperti yang dilansir dari informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, gempa terjadi pada pukul 10.19 WIB kemarin.

“Berdasarkan pengamatan, koordinat episenter gempa berada pada 0,92 Lintang Utara dan 97,14 Bujur Timur, atau ada jarak 39 Kilometer arah Barat Daya Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 kilometer,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Sabtu (9/12/2017).

Menurut Syahnan, efek dari gempa bumi yang didasarkan pada laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Gunungsitoli dan Gido mengalami guncangan lemah dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI. Ia melanjutkan bahwa gempa bumi hanya tercatat oleh alat dan dirasakan oleh beberapa orang saja.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan jenis gempa bumi tektonik. Peristiwa ini akibat subduksi lempengan Indo-australia terhadap lempeng Eurasia,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)