Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Baswedan Buka Suara Soal Program Penataan Tanah Abang

Anies Baswedan Buka Suara Soal Program Penataan Tanah Abang

Jakarta – Akhirnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara terkait dengan program penataan pedagang kaki lima di kawasan Tanah Abang. Ia menegaskan bahwa hal tersebut tidak dilakukannya secara tiba-tiba.

Anies Baswedan Buka Suara Soal Program Penataan Tanah Abang

Dia memiliki tim dalam mengkaji program tersebut, termasuk mengulas semua aturan. Anies mengungkapkan bahwa program penataan ini sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada pedagang kaki lima.

“Semuanya dijalankan sesuai aturan. Kami sudah mereview semua aturan,” katanya saat ditemui di wilayah Jagakarsa, Sabtu, (23/12/2017).

“Kami berpihak pada mereka yang ingin mendapatkan kesempatan hidup, kesempatan untuk merasakan peredaran kegiatan ekonomi di wilayah Tanah Abang,” katanya.

Terkait hal tersebut, Anies memang mendapat banyak kritikan dari berbagai pihak. Akan tetapi, dirinya menyambut baik kritik yang muncul setelah program ini dijalankan. Dia menegaskan penataan baru dimulai dan masih perlu perbaikan.

“Dan kami akan pastikan bahwa penataan ini memberikan manfaat bagi semuanya,” kata Anies.

Program penataan Tanah Abang dimulai pada Jumat lalu. Pemerintah menutup Jalan Jatibaru Raya pada pukul 08.00-18.00. Penutupan itu berlaku setiap hari. Tidak ada kendaraan pribadi dan angkutan umum yang boleh melintas.Selanjutnya jalan itu digunakan untuk lapak pedagang kaki lima dan bus Transjakarta.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Anies Baswedan tersebut melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggar aturan ini bisa dipidana paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

“Ngawur itu kebijakan. Kalau mau jualan ya di pasar. Jualan kok dijalanan,” kata dia.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Persiapan Sidang Cerai Pertama, Pengacara Akan Datangi Ahok di Mako Brimob

Persiapan Sidang Cerai Pertama, Pengacara Akan Datangi Ahok di Mako Brimob

Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan segera menjalankan sidang ...