Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon Minta Pemerintah Usut Penolakan Ustad Somad di Hongkong

Fadli Zon Minta Pemerintah Usut Penolakan Ustad Somad di Hongkong

Jakarta – Pelaksana Tugas Ketua DPR Fadli Zon mengatakan Pemerintah RI harus minta penjelasan soal penolakan Ustad Abdul Somad masuk ke Hongkong oleh otoritas setempat, setibanya di bandara akhir pekan lalu, merupakan pelecehan terhadap warga negara Indonesia (WNI), apalagi yang bersangkutan juga ulama terkenal.

Fadli Zon Minta Pemerintah Usut Penolakan Ustad Somad di Hongkong

“Harus diberikan perhatian serius dari KJRI Hongkong dan juga Kementerian Luar Negeri Indonesia di Jakarta. Saya prihatin atas kejadian yang menimpa Ustad Abdul Somad di bandara Hongkong. Penolakan tersebut merupakan pelecehan terhadap WNI dan ulama sekaligus. Memang kewenangan ada pada otoritas setempat. Namun, ketika ada WNI yang sudah memenuhi syarat dan sah memasuki wilayah negara lain, tapi kemudian dideportasi, maka Kemlu RI harus menanyakan apa yang salah dari WNI tersebut,” kata Fadli Zon pada Selasa (26/12/2017).

Dia menjelaskan, ditolaknya orang asing masuk ke suatu negara, alasannya beragam, dan itu biasanya diatur oleh regulasi khusus. Di Indonesia, ada UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Kemigrasian. Di situ terdapat 10 penyebab penolakan.

Beberapa di antaranya mulai dari tak memiliki visa, keterangan palsu dalam dokumen, terlibat dalam makar, tercatat dalam daftar pencarian orang, hingga terkait dengan kelompok kejahatan internasional.

Baca juga: Ridwan Kamil Sepenuhnya Serahkan Pemilihan Cawagub kepada Partai Koalisi

Fadli Zon mengatakan, jika dari aspek administrasi seperti visa, sepertinya bukan itu alasan yang melatarbelakangi penolakan Ustad Abdul Somad.

“Sebab, Indonesia dan Hongkong telah memberlakukan kebijakan bebas visa resiprokal. Inilah yang kemudian membuat jamaah beliau, dan sebagian masyarakat di Tanah Air, mempertanyakan alasan penolakan yang dialami Ustad Abdul Somad,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Resolusi Sandiaga Uno di Tahun 2018

Inilah Resolusi Sandiaga Uno di Tahun 2018

Jakarta – Kali ini Sandiaga Uno beberkan resolusinya di tahun baru 2018. Dia berjanji akan ...