Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan penggunaan lahan Lulung untuk relokasi Blok G Tanah Abang akan pakai sistem sewa. Namun Sandiaga belum bicara dengan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana yang lebih dikenal sebagai Haji Lulung itu.

Sandiaga Uno : Lahan Lulung Jadi Opsi untuk Relokasi Pedagang Blok G Tanah Abang

“Saya pikir sewa lah ya karena kita punya tanah-tanah lain ya. Nanti bisa kita jadikan transit oriented development,” kata dia di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2018).

Sandiaga mengatakan lahan Haji Lulung adalah salah satu opsi untuk dijadikan lahan relokasi pedagang Blok G. Sandiaga berjanji akan memilih lahan terbaik dari segi lokasi bagi pedagang kecil dan menengah. Bahkan ia tidak menutup kemungkinan akan membuka peluang bagi lahan lain jika dari segi tempat menguntungkan pedagang.

Baca juga: Ganjar Pranowo Mangkir dari Panggilan KPK Terkait Kasus E-KTP

“Kalau memakai lahan beliau itu opsi. Tapi kalau ada lahan lain tidak apa-apa. Kita cari lahan terbaik,” kata dia.

Sandiaga mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha agar tidak ada lagi pedagang kaki lima yang tidak kebagian lahan berdagang. “Jangan sampai seperti ibu tadi yang tidak kebagian tenda karena pendataannya tidak optimal dan kelengkapan administrasinya kurang,” ujarnya.

Sandiaga Uno memastikan Pemprov DKI akan menyiapkan lahan pengganti bagi pedagang Blok G sebelum merubuhkan bangunan itu. Jika lahan sementara untuk berdagang belum tersedia, hal itu berpotensi memunculkan keluhan dari pedagang dan polemik baru. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)