Jakarta – Wakil Kepala Polri Komisaris JenderalSyafruddin mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan antisipasi pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 mulai awal Februari nanti.

Polri Bakal Perketat Keamanan Jelang Pilkada 2018

“Bulan depan Februari sudah penetapan calon. Oleh karena itu, antisipasi Polri sudah mulai kami naikkan,” kata Syafruddin di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Menurut dia, peningkatan antisipasi pengamanan Pilkada tersebut akan dilakukan Polri sampai dengan bulan Juni mendatang, atau pada bulan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada.

“Jadi saat penetapan calon nanti sampai dengan penyelenggaraan Pilkada sendiri di bulan Juni. Ini cukup panjang,” kata Syafruddin.

Syafruddin juga meyakinkan masyararkat agar tak khawatir. Sebab, pihaknya telah melakukan berbagai upaya preventif, antisipasi atas potensi konflik yang terjadi dalam Pilkada.

Baca juga: Sandiaga Beberkan Total Anggaran Pembangunan TPS Pedagang Blok G

“Kerawanan kita petakan, terutama masalah demografi, Jabar, Jateng Jatim, kemudian geografi, kemudian masalah masalah potensi konflik, kemudian aspek sejarah konflik,” kata dia.

“Kita tidak boleh pesimistis atau khawatir sekali, berjalan biasa saja, running well. Masyarakat menjalani aktivitas rutinnya silakan, kita biasa saja, kita tidak usah serem,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)