Jakarta – Sariawan adalah salah satu penyakit yang bisa mengacaukan aktivitas dan mood. Telebih saat sedang makan. Sebab, kenikmatan hidangan bakal berkurang.

Sariawan Ganggu Aktivitas? Atasi dengan Beberapa Tip Ini

Sebagaimana diberitakan laman Prevention pada Minggu (28/1/2018), ada beberapa metode sederhana untuk menghilangkan sariawan. Ketahui tips menyembuhkan sariawan berikut.

Menghindari makanan asam dan manis
Begitu sariawan datang, hindari konsumsi jus jeruk. Asam dapat mengiritasi sariawan lebih lanjut dan menyebabkan sensasi terbakar, sehingga memperlambat proses penyembuhan. Hal tersebut diungkapkan oleh Rajan Sharma, DDS, pemilik EON Klinik. Konsumsi jus jeruk juga merusak gigi dan memperparah sariawan.

Ganti pasta gigi
Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang berbusa dan mengandung Sodium laureth sulfate memicu sariawan. Anda bisa mengganti pasta gigi bebas busa, sehingga mempercepat penyembuhan sariawan Anda.

Berkumur dengan air garam
Metode ini sangat dianjurkan oleh dokter gigi. Air garam juga mampu membersihkan kuman dan mematikan rasa sakit akibat sariawan, meski bersifat sementara. Meski pada awalnya cukup perih, setidaknya air garam dapat meredakan rasa sakit yang menyerang.

Susu magnesium
Susu juga sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi sakit maag dan melancarkan sistem pencernaan. Namun, susu yang mengandung magnesium atau magnesium hidroksida juga dapat menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.
(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)