Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan praktik prostitusi di tempat Karaoke 4Play Alexis. Tempat karaoke itu berada di bekas Hotel Alexis, Ancol, Jakarta Utara.

Anies Baswedan Bakal Selidiki Prostitusi di 4Play Alexis

Anies Baswedan

“Kalau ada laporan pelanggaran harus kami tindaklanjuti,” kata dia di Balai Kota Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Anies mengucapkan terima kasih kepada Majalah Tempo atas laporan investigatifnya yang berhasil mengungkap praktik prostitusi berkedok tempat karaoke itu. Anies mengatakan laporan investigasi majalah mingguan itu akan dijadikan masukan dalam menindaklanjuti kasus tersebut.

“Akan kami jadikan itu sebagai masukan untuk bertindak, karena dasar kami bertindak adalah pelanggaran terhadap aturan,” kata Anies.

Sebelumnya, tim investigasi Tempo berhasil mengungkap praktik prostitusi terselubung itu, pada Rabu, 10 Januari 2018. Hari itu, belum genap tiga bulan setelah pemerintah DKI Jakarta mengirim surat pemberitahuan tak memperpanjang izin Hotel dan Griya Pijat Alexis. Izin Alexis tak diperpanjang karena hotel itu diduga menjadi sarang prostitusi.

Baca juga: PDIP : Anies-Sandi Tidak Koordinasi dengan Stakeholders saat Ambil Kebijakan

Kendati Hotel Alexis sudah tidak beroperasi lagi, karaoke 4Play atau dibaca Foreplay di Alexis masih tetap berjalan seperti biasa. Dalam laporan investigasi Tempo awal Januari lalu disebutkan, di lantai tiga bangunan tersebut atau tepatnya di belakang meja resepsionis, sekitar 40 perempuan sedang duduk-duduk di sofa merah.

Para perempuan yang berkedok pemandu karaoke atau lady companion (LC) itu bisa dipesan untuk sekadar menari telanjang (striptease), bahkan berhubungan badan. (Tita Yanuantari – harianindo.com)