Home > Ragam Berita > Nasional > Kominfo Kerja Sama dengan KPU-Bawaslu untuk Cegah Hoax di Pilkada 2019

Kominfo Kerja Sama dengan KPU-Bawaslu untuk Cegah Hoax di Pilkada 2019

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemilu Abhan menandatangani nota kesepahaman pencegahan berita hoax dan konten negatif menjelang kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Kominfo Kerja Sama dengan KPU-Bawaslu untuk Cegah Hoax di Pilkada 2019

Ketiga lembaga itu juga bekerja sama dengan beberapa platform media sosial cabang Indonesia, seperti Google, Facebook, Telegram, BBM, Line, Bigo Live, LiveMe, dan Metube.

“Hari ini menjadi momentum penangkal berita hoax dan konten negatif dalam proses pemilihan umum 2018 sampai 2019,” kata Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Dalam kerja sama ini, Kominfo memberikan kewenangan kepada Bawaslu untuk malaporkan akun-akun yang diduga penyebar hoax dan konten negatif kepada platform terkait. Platform itu wajib untuk menutup akun yang dilaporkan itu. “Setelah penandatanganan ini, tidak ada lagi alasan bagi platform tidak men-take down akun yang dilaporkan Bawaslu,” ujar Rudiantara.

Arief mengatakan saat ini Pemilu tidak dapat dipisahkan dari internet. Dengan adanya kerjasama ini, Arief mengharapkan masyarakat dapat lebih jernih memilih dalam pemilu.

Baca juga: Inilah Alasan Polda Metro Tolak Kebijakan Terkait Becak

General Manager BBM Indonesia, Anondo Wicaksono menyatakan siap bekerja sama dengan lembaga penyelenggra pemilu dan Kemenkominfo untuk mencegah berita hoax dan isu konten negatif. ”Kami siap menindaklanjuti laporan Bawaslu.”

Bawaslu merilis daerah-daerah yang rawan pelanggaran pemilu, juga berita hoax dan konten negatif. Beberapa daerah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Sumatera Utara termasuk daerah rawan pelanggaran. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Amien Rais Tegaskan PAN Tidak Berikan Dukungan kepada Jokowi

Amien Rais Tegaskan PAN Tidak Berikan Dukungan kepada Jokowi

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais memastikan, partainya tidak bakal mendukung ...