Jakarta – Facebook memang masih menjadi salah satu sosial media yang cukup di gemari oleh masyarakat luas, khususnya di Indonesia sendiri. Bahkan meski layanan sosial media lain bermunculan, Facebook ternyata masih memiliki banyak pengguna aktif.

Facebook Mencatat Akun Palsu Paling Banyak Ada di Indonesia

Meski begitu, muncul sebuah penelitian belum lama ini. Hasil dari penelitian tersebut mengungkap ada kurang lebih 200 juta akun Facebook palsu yang beredar. Bahkan, Indonesia dan India menjadi negara yang memiliki jumlah akun palsu terbanyak.

Data tersebut didapat dari perusahaan besutan Mark Zuckerberg sebagaimana yang dikutip NDTV. Facebook mengatakan bahwa 200 juta akun palsu tersebut mewakili sekitar 10% pengguna aktif bulanan secara global.

“Kami percaya persentase akun duplikat tertinggi bersumber di pasar berkembang seperti India, Indonesia dan Filipina, ketimbang dengan pasar yang lebih maju,” demikian isi laporan tersebut, dikutip dari NDTV, Kamis (8/2/2018).

Pada 31 Desember 2017, Facebook sendiri diketahui memiliki 2,13 miliar pengguna aktif bulanan. Jumlah tersebut meningkat pesat hingga 14% dari waktu yang sama di tahun 2016 silam. Di tahun 2016 silam, pengguna aktif bulanan sekitar 1,86 miliar, Facebook mencatat 6% akun palsu atau sekira 114 juta akun.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)