Home > Ragam Berita > Nasional > Fadli Zon Tidak Setuju dengan Rencana Bawaslu Terkait Panduan Materi Ceramah

Fadli Zon Tidak Setuju dengan Rencana Bawaslu Terkait Panduan Materi Ceramah

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fadli Zon tidak setuju dengan rencana Bawaslu mengeluarkan panduan materi ceramah agama terkait penyelenggaraan Pilkada.

Fadli Zon Tidak Setuju dengan Rencana Bawaslu Terkait Panduan Materi Ceramah

Menurutnya, kebijakan ini di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Bawaslu sebagai pengawas pilkada. Menurut Fadli, tindakan ini justru akan semakin memanaskan suasana Pilkada. “Saya menilai upaya seperti ini, justru yang terjadi akan semakin memanaskan suasana,” katanya, Kamis (15/2/2018).

Dia mengatakan, meskipun bukunya belum selesai disusun, di sejumlah daerah seperti di Jawa Barat telah dikeluarkan surat imbauan dari Bawaslu perihal pengaturan penyampaian materi ceramah keagamaan. Baik di pesantren, masjid, majelis taklim, dan khotbah Jumat.

“Langkah Bawaslu untuk mengontrol materi ceramah agama sangat keliru,” ujarnya.

Menurut Fadli, jika melihat tupoksi Bawaslu dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, mereka wajib mengawasi politik uang, netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri. “Tidak ada kewajiban mengawasi ulama, kiai, atau para pemuka agama di dalam rumah-rumah ibadah,” jelasnya.

Baca juga: JK Beberkan Syarat untuk Menjadi Cawapres Dalam Pilpres 2019

Menurutnya, selama ini Bawaslu belum maksimal mengawasi ASN, TNI, dan Polri. Padahal, itu sudah jelas tertulis di dalam UU. Berkaca pada Pilkada DKI Jakarta 2017, kata dia, banyak indikasi adanya oknum yang terlibat namun Bawaslu tidak terdengar suaranya. “Sehingga, jangan yang di luar tupoksi diurusi, namun yang menjadi tupoksinya dilewati,” ungkap Fadli.

Menurutnya pula, Bawaslu juga tidak memiliki dasar kewenangan mengatur isi ceramah agama. “Apakah para pemuka agama diangkat oleh Bawaslu?” katanya.

“Apalagi kita sangat paham, ceramah agama pasti selalu terkait dengan isu-isu aktual yang sedang berkembang di masyarakat,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Wah, Habib Rizieq Disebut Memiliki Rumah Besar Di Mekah

Jakarta – Muhammad Gatot Saptono alias Muhammad Al Khaththath selaku Sekjen Forum Umat Islam (FUI) ...