Home > Ragam Berita > Nasional > NasDem Telah Tentukan Kriteria Calon untuk Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

NasDem Telah Tentukan Kriteria Calon untuk Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai NasDem Jhonny G. Plate mengatakan, partainya memiliki tim tersendiri untuk menentukan kriteria yang tepat calon wakil presiden untuk Joko Widodo atau Jokowi. Namun, Jhonny mengatakan, Partai NasDem memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Jokowi untuk memilih wakilnya.

NasDem Telah Tentukan Kriteria Calon untuk Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

“Namun tidak berarti menyerahkan begitu saja, kami memberikan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk memperkuat kemenangan capres,” ujar Jhonny di Kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

Jhonny menuturkan, calon wakil presiden untuk Jokowi harus memenuhi syarat konstitusi, yakni menjadi satu kesatuan dengan Jokowi atau dwitunggal. Selain itu, tutur Jhonny, cawapres harus memberikan kontribusi elektoral kepada Jokowi. Hal itu, kata Jhonny terkait dengan elektabilitas Jokowi yang masih sekitar 40 sampai 50-an persen.

Syarat lainnya, kata Jhonny adalah, cawapres harus tepat untuk Jokowi secara cemistry. “Harus sama chemistry-nya dengan Jokowi. Jangan sampai tidak sama dan bertengkar di tengah jalan,” kata Jhonny.

Jhonny berujar, cawapres juga harus tahu betul-betul memahami visi dan misi Jokowi yang terkandung dalam nawacita. Menurut dia, Jhonny harus paham soal apa saja yang masih harus dilakukan dan dibenahi dari program-program Jokowi sebelumnya.

Selain NasDem, Jokowi saat ini telah didukung koalisi gemuk yaitu PDIP, Golkar, PPP, Hanura, Perindo, dan PSI. Namun sampai saat ini belum ada nama calon wakil presiden yang bakal mendampingi Jokowi di Pilpres 2019. Jokowi dikabarkan telah membentuk tim internal dengan ketuanya Mensesneg Pratikno. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Prabowo Sebut Indonesia Harus Meningkatkan Hubungan Dengan China

Prabowo Sebut Indonesia Harus Meningkatkan Hubungan Dengan China

Jakarta – Ketua Umum Gerindra yang juga calon presiden dengan nomor urut 2, Prabowo Subianto, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135