Home > Otomotif > Mobil > Begini Caranya Agar Aki Mobil Lebih Awet

Begini Caranya Agar Aki Mobil Lebih Awet

Jakarta – Aki merupakan komponen mobil yang sangat vital untuk bisa menghidupkan mesin mobil dan perangkat mobil lainnya.
Karena pentingnya aki maka kondisinya juga harus dijaga agar tetap baik dan prima.

Begini Caranya Agar Aki Mobil Lebih Awet

Usia aki mobil umumnya antara 3 – 5 tahun, namun bila tidak melakukan melakukan perawatan, umur aki bisa saja hanya 1 – 2 tahun.
Berikut sejumlah langkah yang seharusnya dilakukan agar aki mobil tetap awet:

1. Matikan Komponen Listrik Sebelum Mematikan Mesin Mobil
Biasakan untuk mematikan komponen listrik mobil, seperti AC, tape, lampu, dan lainnya sebelum mematikan mesin mobil. Bila ada komponen yang dibiarkan menyala maka daya aki bisa terkuras dan sistem kelistrikan mobil bisa saja menjadi rusak.

2. Hindari Korosi Pada Aki
Korosi aki biasanya terjadi pada bagian kepala atau terminal aki akibat tumpahan air aki. Bersihkan karat yang menempel agar tidak memperpendek usia aki.

3. Charge Aki Bila Mobil Ditinggalkan
Jangan biarkan aki mobil sampai kering atau kehilangan daya listrik ketika mobil ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama. Lebih baik, panaskan mesin mobil meskipun tidak digunakan agar aki tetap terisi.

4. Periksa Kondisi Kabel-Kabel
Periksa kondisi kabel-kabel pada mobil agar tetap menghantarkan listrik dengan baik. Bila ada kabel yang terkelupas dan bersenggolan maka akan mengkonsumsi listrik lebih banyak, bahkan dapat menimbulkan korsleting.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Inilah Kelebihan Nissan Terra untuk Konsumen Indonesia

Jakarta – Nissan baru saja meluncurkan SUV premium Terra untuk pasar automotif Filipina. Dalam waktu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135