Home > Ragam Berita > Internasional > Negara Ini Berlakukan Tarif Parkir Rp 90 Ribu Per 2 Jam

Negara Ini Berlakukan Tarif Parkir Rp 90 Ribu Per 2 Jam

Palma de Mallorca – Beda negara, beda pula peraturan dalam berkendara. Itulah kalimat yang pas jika sedang berkunjung ke negara Spanyol. Misalnya ketika sedang mencari tempat parkir mobil. Umumnya, di benua Eropa memiliki banyak aturan yang sangat ketat soal parkir. Bisa-bisa anda yang dapat denda dan ditilang oleh polisi setempat.

Negara Ini Berlakukan Tarif Parkir Rp 90 Ribu Per 2 Jam

Ketika kita berkendara di Kota Palma de Mallorca, Spanyol, tak bisa dipungkiri rasa kikuk saat berkendara itu memang terjadi. Mulai dari posisi setir yang berbeda, karena seperti Eropa pada umumnya, Spanyol menganut sistem kemudi atau setir kiri, tak seperti di Indonesia yang menganut setir kanan.

Bahkan, tak jarang pula kita pun jadi suka salah masuk pintu mobil kursi penumpang, ataupun juga sebaliknya, para penumpang justru masuk ke pintu mobil sang pengemudi. Namun, lambat laun pastinya akan mulai terbiasa menyetir dari sisi kiri.

Lantas, bagaimana dengan soal parkir di Spanyol sendiri? Ketika mobil anda akan menuju lokasi parkir bawah tanah, anda pasti bakal antre di depan gerbang terlebih dahulu. Hal tersebut lantaran parkir bawah tanah ini memiliki sensor tersendiri. Apabila lahan parkir sudah penuh, mesin tersebut tidak akan mengeluarkan tiket parkir untuk anda.

Dalam layar informasi mesin di gerbang tersebut, akan terlihat petunjuk jika parkiran itu telah penuh. Begitu ada mobil satu keluar, maka tiket akan muncul. Usai beberapa lama menunggu, akhirnya tiket parkir itu keluar. Meski lahan parkir terlihat penuh, namun pasti ada ruang kosong untuk memarkir mobil anda.

Parkiran yang ada di kota ini semuanya sudah serba otomatis. Tidak akan ada orang yang menjaga seperti yang biasa kita temui di Indonesia. Semuanya serba dilakukan sendiri. Mulai ambil tiket sampai bayar tiketnya. Bayar tiketnya harus lewat mesin otomatis. Tinggal masukan tiket dan mesin akan menghitung berapa uang yang Anda bayar. Mirip mesin vending minuman, Anda harus memasukkan koin atau uang kertas sendiri untuk membayar tiket.

Jika kita membahas tentang tarif parkirnya, anda pastinya akan terkejut. Pasalnya, parkir disana dikenai tarif sebesar 0,032105 euro per menit. Mobil masuk parkiran pukul 11.53 waktu setempat dan keluar pukul 14.38, sekitar 2 jam lewat kami parkir, jadi harus bayar sekitar 5,3 euro sekitar Rp 90.000. Anda juga diberi waktu kurang lebih 15 menit untuk keluar dari tempat parkir tersebut. Jika terlambat sedikit saja, maka anda akan kena tambahan biaya.

Selain parkiran biasa, parkir bawah tanah di Mallorca biasanya sudah memasang tempat khusus untuk mengisi mobil listrik. Mobil listrik yang biasanya mengecas baterainya di parkiran umum ini adalah mobil seperti Nissan LEAF dan BMW i3.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

100 Penumpang Emirates Airlines Dubai-New York Dilaporkan Mendadak Sakit

100 Penumpang Emirates Airlines Dubai-New York Dilaporkan Mendadak Sakit

New York – Sebanyak 100 orang penumpang pesawat Emirates Airlines yang berangkat dari Dubai menuju ...