Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon sempat menyebut komunikasi antara Presiden Joko Widodo dan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai bentuk dari kepanikan.

PDIP Menampik Pertemuan Jokowi Dengan PKS Sebagai Bentuk Kepanikan

Namun, hal tersebut dibantah oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Hasto mengungkapkan jika Presiden Jokowi tak pernah merasa panik. Pertemuan tersebut juga merupakan bentuk dialog yang ingin dijalin oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Tidak pernah (panik). Pak Jokowi pemimpin yang sangat sabar, pemimpin yang menghadapi masalah dengan senyum,” kata Hasto, saat ditemui di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

“Dikritik pun Pak Jokowi selalu tersenyum dan menunjukkan tradisi seorang pemimpin yang bermusyawarah, yang berdialog,” ujar dia.

Hasto melanjutkan, bagi Presiden Jokowi, seluruh warga negara adalah sama dan harus diajak untuk berdialog. Hasto juga menilai, pertemuan yang digelar dengan petinggi PKS adalah cara Presiden Jokowi untuk membangun persaudaraan.

“Pak Jokowi pemimpin yang membangun peradaban, pemimpin yang berdialog, pemimpin yang bermusyawarah, pemimpin yang tersenyum meskipun dihujat,” kata Hasto.

Sebelumnya, Fadli Zon menilai komunikasi yang dijalin Presiden Joko Widodo dengan elite PKS terkait Pilpres 2019 merupakan bentuk kepanikan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)