Home > Ragam Berita > Internasional > Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Terbesar Di Dunia

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Terbesar Di Dunia

Riyadh – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz meresmikan pembangunan taman hiburan raksasa di Qiddiya, dekat dengan Riyadh, pada Sabtu (28/4/2018). Acara peresmian tersebut dihadiri oleh ratusan tamu dari kerajaan Arab Saudi. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan banyak kembang api.

Arab Saudi Bangun Taman Hiburan Terbesar Di Dunia

Dengan didampingi oleh Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Pendanaan Investasi Publik, Saudi bersiap untuk meningkatkan sektor hiburan dan industri pariwisata dalam program bertajuk Visi 2030. Qiddiya menjadi salah satu langkah nyata kerajaan untuk mengurangi ketergantungan terhadap minyak.

Taman tersebut diklaim bakal menjadi kota hiburan terbesar di dunia pada 2030, dengan total luas mencapai 334 km persegi. Taman hiburan raksasa tersebut juga digadang-gadang bakal menyaingi Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat, yang memiliki luas 110 km persegi.

“Dalam merancang Qiddiya, kami membangun masa depan yang lebih cerah,” kata CEO taman hiburan Qiddiya, Michael Reininger, seperti dilansir dari Arab News.

“Tempat yang bakal dipenuhi dengan budaya, olahraga, hiburan, dan seni untuk memenuhi keinginan warga Saudi untuk memperkaya kehidupan mereka,” ucapnya.

Destinasi wisata yang berjarak 40 km dari Riyadh tersebut menargetkan 8 juta pengunjung dari sekitar ibu kota Saudi tersebut, dan 45 juta pengunjung dari wilayah Teluk Arab. Generasi muda akan menjadi kontributor utama keberhasilan Qiddiya, mengingat dua pertiga penduduk Saudi di bawah usia 35 tahun.

Disamping taman hiburan, terdapat juga fasilitas olahraga yang sanggup menggelar kompetisi internasional, akademi pelatihan, trek gurun dan aspal untuk penggemar motor sport, rekreasi air dan salju, petualangan alam, dan taman safari. Warga Saudi menghabiskan sekitar 30 miliar dollar AS atau sekitar Rp 416 miliar untuk berwisata ke luar negeri setiap tahunnya. Diharapkan, proyek ini dapat mengalihkan sebagian dari pengeluaran tersebut sehingga bisa kembali ke kerajaan.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135