Home > Ragam Berita > Nasional > Fahira Idris Minta Pemerintah Serius Usut Pembagian Sembako Yang Menyebabkan Nyawa Melayang

Fahira Idris Minta Pemerintah Serius Usut Pembagian Sembako Yang Menyebabkan Nyawa Melayang

Jakarta – Fahira Idris selaku Ketua Komite III DPD RI yang membidangi persoalan perlindungan anak kali ikut berkomentar perihal insiden pembagian sembako di Monas beberapa waktu lalu yang ricuh hingga menewaskan dua anak.

Fahira Idris Minta Pemerintah Serius Usut Pembagian Sembako Yang Menyebabkan Nyawa Melayang

Saat ditemui kemarin, dirinya menjelaskan bahwa “Yang hilang itu nyawa, bukan barang atau kendaraan, jadi tidak boleh dianggap peristiwa biasa. Saya minta polisi jangan terlalu mudah menyimpulkan sebab meninggalnya dua anak ini sebelum melakukan pengusutan yang mendalam. Kasus ini harus diprioritaskan karena korbannya anak-anak yang diberi perlindungan khusus oleh undang-undang. Saya sendiri akan kawal kasus ini sampai keluarga korban mendapat keadilan,”

Fahira menilai bahwa ada beberapa dugaan pelanggaran yang dilakukan pihak panitia mulai dari mencatut nama Pemprov DKI Jakarta untuk menarik massa, pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan kesepakatan awal yaitu tidak ada pembagian sembako, terjadi penumpukan pengunjung yang tidak diantisipasi dengan baik sehingga ketertiban dan kenyamanan pengunjung terabaikan, sampai meninggalkan serakan sampah di sepanjang kawasan Monas, bisa dijadikan pintu masuk untuk mengusut meninggal dua anak warga Pademangan Barat, Jakarta Utara ini.

Dirinya kemudian menjelaskan asal dugaan tersebut dengan mengatakan “Dugaan pelanggaran dan kelalaian ini kan harusnya bisa menjadi pintu masuk untuk mengusut meninggalnya dua anak ini. Jangan langsung menyimpulkan meninggalnya dua anak ini tidak ada hubungannya dengan pembagian sembako.”

“Jika nanti dalam pengusutan ditemukan ada unsur kesalahannya atau kelalaian yang mengakibatkan dua anak ini meninggal, harus ada yang bertanggung jawab di mata hukum. Kasus ini sudah jadi perhatian publik, jadi mohon diusut dengan proporsional,” sambung Ketua Umum Ormas Bang Japar ini.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Boediono Sepakat dengan Keputusan Megawati Terkait SKL BLBI

Boediono Sepakat dengan Keputusan Megawati Terkait SKL BLBI

Jakarta – Mantan Menteri Keuangan Boediono sepakat dengan keputusan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang ...