Home > Teknologi > Gadget > Apple Berikan Konfirmasi Terkait Masalah Mikrofon di iPhone 7 dan 7 Plus

Apple Berikan Konfirmasi Terkait Masalah Mikrofon di iPhone 7 dan 7 Plus

California – Diam-diam, Apple mengakui jika pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang telah meng-update iOS versi 11.3, mengalami bug (masalah) yang membuat mikrofon terganggu saat melakukan panggilan telepon. Pengakuan itu ditemukan di dalam dokumen internal yang tersebar ke penyedia layanan resmi Apple pekan ini.

Apple Berikan Konfirmasi Terkait Masalah Mikrofon di iPhone 7 dan 7 Plus

Dalam dokumen itu dikatakan, pengguna iPhone yang terdampak kemungkinan akan mengalami grayed-out atau tombol bewarna abu-abu saat melakukan panggilan suara maupun FaceTime. Efeknya, tombol mikrofon tidak bisa ditekan. Bug ini juga mengakibatkan suara penelepon tidak terdengar, baik saat mengirim suara maupun menerima suara.

Sebagaimana diberitakan Mac Rumors pada Rabu (9/5/2018), penyedia layanan perbaikan resmi Apple diminta untuk memutuskan segala koneksi (disconnect) terhadap aksesoris audio apa pun, termasuk bluetooth headset.

Jika tombol speaker berubah menjadi abu-abu saat menelepon, perangkat harus menjalani tes diagnosis audio. Perangkat terdampak akan menampilkan peringatan berupa “device could not detect dock” atau “accessory not supported” di panel diagnosis. Jika demikian, bengkel resmi Apple bisa melakukan perbaikan pada iPhone.

Bagi perangkat iPhone terdampak yang tidak memiliki garansi, Apple mengatakan agar penyedia layanan servis resmi mereka memberikan pengecualian pada masalah mikrofon ini. Meski demikian, di dalam dokumen tidak disebutkan spesifik apakah perbaikan ini gratis atau tidak.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pengguna iPhone yang telah melakukan update ke iOS versi 11.3 mengeluhkan masalah mikrofon pada iPhone mereka di platform Reddit, Twitter maupun Apple Support Communities. Meski masalah ini belum menjadi masalah yang meluas. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Oppo F9 Dilengkapi Fitur VOOC Flash Charge

Oppo F9 Dilengkapi Fitur VOOC Flash Charge

Jakarta – Oppo Indonesia meluncurkan produk teranyarnya, Oppo F9, pada Kamis (23/8/2018) di Ciputra Artpreneur, ...