Home > Ragam Berita > Nasional > Habibie Menyebut Pembuatan Pesawat Terbang Adalah Ide Soekarno

Habibie Menyebut Pembuatan Pesawat Terbang Adalah Ide Soekarno

Jakarta – Baru-baru ini BJ Habibie mengungkapkan sebuah fakta yang menghebohkan publik. BJ Habibie mengatakan bahwa inisiator transportasi udara di Indonesia bukanlah dirinya melainkan Soekarno.

Habibie Menyebut Pembuatan Pesawat Terbang Adalah Ide Soekarno

Habibie Menyebut Pembuatan Pesawat Terbang Adalah Ide Soekarno

Seperti yang diketahui selama ini tak sedikit orang yang mengira bahwa BJ Habibie sendiri sang inisiator transportasi udara. Habibie pun diketahui telah merancang banyak pesawat terbang produk dalam negeri.

Tetapi, dia menyadari bahwa ide awal pembuatan pesawat memang datang dari sang Proklamator yang diketahui sempat menyekolahkan dirinya ke luar negeri.

“Pesawat terbang itu idenya siapa? bukan Habibie bukan Soeharto. (Tetapi) Soekarno, Bung Karno,” ujar Habibie di Auditorium BPPT, Jakarta, Rabu, (09/05/2018).

Baca juga : Viral, Ada Tulisan 2019 Ganti Presiden Pada Struk Ayam Eskom

Lebih lanjut Habibie menjelaskan bahwa dahulu rencana pembuatan pesawat memang telah terlintas di pikiran Presiden Pertama Indonesia itu. Namun, sayangnya mimpi bung Karno baru terwujud saat Soeharto menjadi Presiden.

Pada masa itu Habibie tengah menjabat sebagai Menteri Ristek dan Teknologi dan membuat pesawat N-250 Gatot Kaca. Diterbangkan perdana (first flight) pada Agustus 1995, Soeharto melihat langsung pesawat buatan lokal itu terbang di kota Bandung.

Akan tetapi hal ini tidak berlangsung lama karena proyek ini dihentikan. Tidak patah arang, Habibie pun mencoba membangkitkan industri penerbangan kembali dengan cara merakit pesawat R80.

Habibie menilai pada saat itu industri penerbangan memang penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Bahkan, dari informasi yang dirinya dengar ada negara tetangga yang siap membangun pesawat dan Indonesia akan dipercaya menjadi pangsa pasarnya.

“Sampai dunia kiamat tidak bisa menghidupkan negara tanpa kapal terbang dan satelit,” pungkasnya
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Menurut Perhitungan Gerindra, Poros Ketiga Sulit Terbentuk

Menurut Perhitungan Gerindra, Poros Ketiga Sulit Terbentuk

Jakarta – Ahmad Muzani selaku politikus Gerindra kali ini menilai bahwa potensi terbentuknya poros ketiga ...