Home > Ragam Berita > Nasional > LSI Menilai Gatot Paling Punya Peluang Menjadi Lawan Berat Jokowi

LSI Menilai Gatot Paling Punya Peluang Menjadi Lawan Berat Jokowi

Jakarta – Peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA), Toto Izul Fatah ‎mengatakan bahwa Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo merupakan figur yang tingkat resistensinya paling minimal di bidang figur capres lain yang beredar saat ini.

LSI Menilai Gatot Paling Punya Peluang Menjadi Lawan Berat Jokowi

LSI Menilai Gatot Paling Punya Peluang Menjadi Lawan Berat Jokowi

Bahkan menurutnya sosok Gatot dinilai paling potensial yang dapat menumbangkan calon presiden (capres) incumbent, Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Akan tetapi tugas terbesar Gatot saat ini lebih pada persoalan tiket dukungan parpol yang belum jelas.

“Dari sekian banyak calon, mulai dari Anies Baswedan, Tuang Guru Bajang (TGB), Rizal Ramli, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar dan lain-lain, hanya Gatot yang punya potensi lebih dibanding figur yang disebutkan tadi,” ungkap Toto, Jumat (11/05/218).

Menurut Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA ini, ada tiga alasan mengapa Gatot yang paling potensial. Alasan yang pertama adalah dari segi karakter personal figur. Menurutnya Gatot adalah sosok yang merepresentasikan dua karakter sekaligus dari Prabowo Subianto yang tegas dan punya potensi menjadi strong leader dengan Joko Widodo yang sederhana dan merakyat.

Baca juga : PAN Mulai Berikan Kode Keras Bakal Usung Gatot ?

“Sehingga, alasan dan keinginan rakyat yang memilih Prabowo karena sikap tegas dan nasionalisnya dan memilih Joko Widodo karena kesederhanaan dan sikap merakyatnya sudah cukup terwakili oleh sosok Gatot yang memiliki kedua karakter tersebut,” jelasnya.

Kemudian alasan yang kedua adalah dari segi personal record. Menurutnya Gatot merupakan mantan panglima TNI yang getol menyuarakan semangat kedaulatan bangsa dan jaga NKRI. Gatot juga termasuk figur yang tingkat resistensinya paling minimal.

“Kecuali isu dirinya yang dikaitkan dengan pengusaha ternama, Tommy Winata karena kedekatannya sejak lama. Jika pun itu dijadikan senjata oleh lawan politiknya, dari potret hasil survei kita kecil pengaruhnya. Isu itu bukan public interest yang bisa menggoyahkan dia karena semua tokoh, politisi, calon presiden pasti punya kedekatan dengan pengusaha. Dan hebatnya, Gatot tak mengelak dari isu itu. Bahkan, dia mengakuinya dengan jujur,” tuturnya.

Dan alasan yang terakhir adalah Gatot dinilai sebagai figur yang punya kedekatan atau relatif diterima dengan baik oleh segmen pemilih mayoritas, yakni kalangan Islam, khususnya Islam konservatif yang jumlahnya cukup besar.

Respon positif kalangan mayoritas ini kepada Gatot dimulai sejak dirinya menjabat panglima TNI yang mengambil sikap moderat pada saat mencuatnya aksi protes terhadap kasus penistaan agama oleh mantan gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Menyebut Rumah Bomber di Surabaya Kerap Didatangi Tamu Dengan Mobil Mewah

Warga Menyebut Rumah Bomber di Surabaya Kerap Didatangi Tamu Dengan Mobil Mewah

Surabaya – Pada Minggu (13/5/2018) silam, telah terjadi kasus terorisme. Insiden tersebut masih menyisakan memori ...