Moskow – Presiden Vladimir Putin mengatakan, Rusia mengerahkan kapal perang dilengkapi senjata rudal Kalibr ke Laut Mediterania. Menurutnya, kapal ini mendapatkan tugas tetap menghadapi serangan di Suriah.

Hadapi Serangan di Suriah, Rusia Kerahkan Ratusan Kapal Perang ke Mediterania

“Jumlah keseluruhannya mencapai 102 kapal, terdiri dari kapal perang permukaan dan kapal selam. Pengerahan semua kapal tempur itu dijadwalkan tahun ini,” ujarnya.

“Pengerahan kapal perang itu untuk menghadapi risiko serangan teroris internasional di Suriah sehingga kapal kita perlu dipersenjatai dengan rudal permukaan. Semuanya mendapatkan tugas permanen di Mediterania,” katanya dalam sebuah rapat keamanan di Kota Sochi, Rusia.

Sebagaimana diberitakan Middle East Monitor pada Jumat (18/5/2018), pasukan angkatan bersenjata Rusia menggunakan rudal untuk pertama kalinya pada Oktober 2015 untuk menyerang posisi ISIS di Suriah.

Baca juga: Terkait Masalah Model Libya, Trump Berbeda Pendapat dengan Otoritas Keamanan AS

Rusia adalah sekutu dekat Suriah, selain Iran. Sejak terjadi perang saudara di Suriah pada 2011, negeri itu mengalami kesulitan menghadapi pemberontakan dari berbagai kelompok oposisi.

Untuk menghadapai mereka, Presiden Suriah Bashar al-Assad meminta bantuan Rusia pada 2015 guna menumpas para pemberontak. Suriah juga mendapatkan dukungan dari Iran dan Hizbullah, kelompok bersenjata Syiah dari Libanon. (Tita Yanuantari – harianindo.com)