Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Agama Jelaskan Tidak Masuknya Nama Ustad Abdul Somad Dalam Daftar 200 Penceramah

Menteri Agama Jelaskan Tidak Masuknya Nama Ustad Abdul Somad Dalam Daftar 200 Penceramah

Jakarta – Rilisan terbaru Kementerian Agama (Kemenag) terkait 200 nama penceramah yang dianggap layak, kembali menimbulkan pertanyaan. Hal ini tak lain lantaran tak adanya nama Ustad Abdul Somad maupun Ustad Bachtiar Nasir (UBN).

Menteri Agama Jelaskan Tidak Masuknya Nama Ustad Abdul Somad Dalam Daftar 200 Penceramah

Hal ini langsung direspon oleh Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama (Menag) yang mengaku tidak tahu penyebab dai lulusan Kairo itu tidak masuk dalam verifikasi lembaganya.

Saat ditemui di Kompleks Istana Negara, dirinya mengatakan bahwa “Ya saya tidak tahu (alasan Ustad Somad tidak masuk). Itu kan (daftar 200 nama) masukan dari sejumlah (pihak). Jadi jangan tanyakan (kepada saya),”

Selain itu dirinya juga mengatakan bahwa dalam menetapkan layak atau tidaknya seorang penceramah telah melalui beberapa tahapan. Figur tersebut akan dilihat riwayat hidupnya, kemudian meminta kesaksian dari beberapa kalangan untuk memastikan kelayakan dalam menyampaikan dakwah, dan beberapa hal lain.

Sementara itu, menteri asal PPP ini juga menolak mengatakan jika Ustad Somad merupakan dai yang tidak berkompeten. Menurutnya daftar tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat yang membutuhkan, dan tidak ada kewajiban untuk mengikuti 200 nama itu dan meninggalkan sosok-sosok di luar daftar tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Din Syamsudin Akui Heran dengan yang Dialami Habib Rizieq

Din Syamsudin Akui Heran dengan yang Dialami Habib Rizieq

Jakarta – Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku hingga saat ini tidak mengetahui alasan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135