Home > Ragam Berita > Nasional > Terkait Kasus DPRD Sumatera Utara, KPK Mintai Keterangan Puluhan Saksi

Terkait Kasus DPRD Sumatera Utara, KPK Mintai Keterangan Puluhan Saksi

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil 23 saksi dalam penyidikan kasus suap kepada DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Terkait Kasus DPRD Sumatera Utara, KPK Mintai Keterangan Puluhan Saksi

“Setelah kemarin dilakukan pemeriksaan terhadap 22 saksi dalam kasus dugaan suap terhadap 38 anggota DPRD Sumut, hari ini diagendakan pemeriksaan terhadap 23 saksi yang sebagian besar menjabat anggota DPRD Sumut. Pemeriksaan akan dilakukan di kantor Kejati Sumut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Febri menambahkan bahwa pada Selasa (22/5/2018) KPK kembali menerima pengembalian uang sekitar Rp350 juta dari tiga anggota DPRD. “Uang tersebut telah disita sebagai bagian dari berkas perkara penyidikan ini,” ucap Febri.

KPK menghargai iktikad baik pengembalian uang dan sikap kooperatif orang-orang yang terlibat dalam perkara korupsi itu selama penyidikan dan akan mempertimbangkannya sebagai aspek yang meringankan.

“Meskipun KPK telah memetakan dan mengetahui secara persis siapa saja penerima uang dalam kasus ini, namun hukum tentu tetap dapat memberi ruang pertimbangan meringankan jika pelaku kooperatif,” tuturnya.

Baca juga: Tim Advokasi Demiz Laporkan KPI, Ada Apa ?

Oleh karena itu, Febri mengingatkan kembali kepada pihak-pihak yang menerima suap untuk segera mengembalikan uang dan bersikap kooperatif selama penyidikan.

“Sejauh ini sekitar 195 saksi diagendakan diperiksa untuk 38 tersangka, termasuk rencana pemeriksaan hari ini. Tim penyidikan masih akan melakukan pemeriksaan sampai Kamis minggu ini,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

SBY Walk Out Karena Mendengar Teriakan Ini

SBY Walk Out Karena Mendengar Teriakan Ini

Jakarta – Pada acara Deklarasi Kampanye Damai yang digelar di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135