Home > Ragam Berita > Nasional > Tito Karnavian Imbau Setiap Kepala Daerah Waspadai Berkembangnya Teroris

Tito Karnavian Imbau Setiap Kepala Daerah Waspadai Berkembangnya Teroris

Jakarta – Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian meminta kepada semua kepala daerah, termasuk kepala daerah Jambi, membendung berkembangnya sel-sel teroris dan paham radikalisme di daerah masing-masing. Menurut dia, penyelesaian masalah terorisme harus komprehensif melibatkan kepala daerah.

Tito Karnavian Imbau Setiap Kepala Daerah Waspadai Berkembangnya Teroris

Tito Karnavian

“Khusus di Provinsi Jambi, kepada plt Gubernur Jambi serta para wali kota dan bupati, mari bersama-sama membendung berkembangnya sel-sel teroris dan paham radikalisme, sehingga tidak menjadi masalah ke depan,” kata Tito di Markas Kepolisian Daerah Jambi pada Sabtu (26/5/2018).

Permintaan itu disampaikan Tito saat meresmikan kenaikan tipe Polda Jambi dari tipe B menjadi tipe A. Ia pun menyoroti aksi penyerangan oleh seorang warga kepada dua polisi di Kepolisian Sektor Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, 22 Mei 2018.

Tito berpendapat, serangan seorang warga terhadap anggota kepolisian merupakan puncak dari gunung es masalah terorisme di Jambi. “Saya minta kepala BIN daerah, kapolda, danrem, serta kepala daerah untuk duduk bersama melakukan pemetaan terhadap sel dan jaringan teroris serta berkembangnya paham radikalisme yang ada dan punya potensi di Provinsi Jambi,” ucap Tito.

Baca juga: Jaksa Agung Tidak Pedulikan Pleidoi Aman Abdurrahman

Ia pun menilai perlunya kerja sama semua pihak untuk memetakan potensi teror yang ada di daerah masing-masing. Tito meminta daerah mengaktifkan lagi pola pengamanan dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Babinkamtibmas untuk mencegah berkembangnya kelompok radikal di Jambi.

Tito menuturkan kepolisian telah mendeteksi kelompok radikal di Provinsi Jambi. Ia memperkirakan keberadaan kelompok radikal tidak terlalu banyak di Jambi. Kepolisian juga telah mengawasi kelompok teroris di Jambi. “Namun perlu ditangani dan diawasi secara serius serta mewaspadai penyebarannya, baik melalui media sosial maupun Internet,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

JK Akui Tidak Paham dengan Alasan Jokowi dan Prabowo Pilih Cawapres

JK Akui Tidak Paham dengan Alasan Jokowi dan Prabowo Pilih Cawapres

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengaku tidak ikut campur dalam dinamika pemilihan ...