Jakarta – Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebutkan bahwa ada temannya yang kini berbalik kanan dan dan berseberangan dengan dirinya. Siapa yang dimaksud?

Amien Rais Sebut Ada Teman Balik Kanan, Siapa Dia?

Melalui akun Instagramnya, @amienraisofficial, Senin (4/6/2018), Amien Rais mengunggah sebuah video dengan latar belakang Masjidil Haram.

“Assalamualaikum wr. wb. Saudara-saudaraku, di tahun politik ini, sepertinya muncul sebuah fenomena baru, yaitu teman-teman yang mula-mula nampak lurus, nampak tawaduk, nampak istikamah, tiba-tiba agak berbalik kanan dan mengagetkan,” kata Amien Rais dalam video yang di-posting di akun amienraisofficial, Senin (4/6/2018).

Amien berpendapat, fenomena teman yang berbalik arah itu adalah hal yang biasa, bahkan di sejarah Islam yang tertulis di Alquran.

“Dalam tarikh (sejarah) Islam, bahkan dalam Alquran, dalam hadis pun, fenomena ini sangat biasa. Jadi kita hanya harapkan teman-teman kita itu, yang semula kita anggap istikamah, lurus, tiba-tiba balik kanan,” lanjut Amien.

Namun demikian, hingga di akhir videonya, Ketua Dewan Penasihat PA 212 ini tidak menyebutkan siapa teman yang berbalik arah yang ia maksud itu.

Sehari kemudian, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif makin mempertegas siapa teman yang telah berbalik yang disebutkan oleh Amien Rais dalam videonya.

Meski tidak juga menyebutkan nama namun Slamet memberikan tambahan petunjuk bahwa sosok teman tersebut kini berada di pemerintahan setelah mendapatkan tawaran jabatan.

“Beliau melihat di negara kita, kawan kita, beliau pantau. Beliau tidak sebutkan namanya, awalnya satu gerbong gerakan kita, satu gerbong pergerakan aksi 212. Karena satu hal, kemudian berlawanan arah pemikiran,” kata Slamet, dalam konferensi pers di Condet, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018).

“Memang di Alquran seperti itu, kawan beriringan karena mungkin tawaran jabatan, mungkin posisi atau satu hal jadi balik kanan. Itu juga kami rasakan di perjuangan 212 sekarang tidak kelihatan dan cenderung ke sana,” lanjut Slamet.

Media kemudian menghubungkan sosok ‘teman balik kanan’ yang dimaksud Amien Rais adalah Ali Mochtar Ngabalin yang kini menjabat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden.

Namun Ngabalin sendiri membantahnya ketika dimintai komentarnya.

“Saya baru dengar. Kalau saya pasti tidak mungkin, bukan,” kata Ngabalin.
(samsul arifin – www.harianindo.com)