Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Ragu Spekulasi Prabowo Usung Habib Rizieq Sebagai Cawapres

Pengamat Ragu Spekulasi Prabowo Usung Habib Rizieq Sebagai Cawapres

Jakarta – Seorang pengamat politik Adi Prayitno menilai bahwa kecil peluang bagi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab untuk menjadi pendamping dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Pengamat Ragu Spekulasi Prabowo Usung Habib Rizieq Sebagai Cawapres

Pertemuan para tokoh politik dengan Rizieq Shihab di Arab Saudi

Alasan utamanya adalah Adi menilai bahwa ada kalkulasi politik yang membuat Prabowo tak akan mau menjadikan Rizieq sebagai cawapres. Menurutnya Gerindra lebih membutuhkan dukungan partai politik lain untuk memenuhi ambang batas mengusung pasangan calon presiden-cawapres.

“Syarat mengajukan pasangan calon presiden minimal memiliki 20 persen kursi di DPR atau meraih 25 persen suara nasional pada Pemilu 2014 lalu, cukup besar. Jadi, mungkin saja di Pilpres 2019 tersaji sebuah kejutan, tapi sepertinya bukan Habib Rizieq jawabannya,” ujar Adi seperti yang dilansir dari JPNN, Selasa (05/06/2018).

Baca juga : Pengamat Menilai Peluang Habib Rizieq Diusung Sebagai Capres Sangat Kecil

Seperti yang diketahui bahwa pertemuan antara Prabowo dengan Habib Rizieq di Arab Saudi memunculkan berbagai macam spekulasi publik. Prabowo menemui Habib Rizieq bersama dengan para tokoh politik lainnya misalnya Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Ma’arif.

Adi menambahkan bahwa alasan yang lainnya adalah adanya resistensi terhadap Habib Rizieq di masyarakat juga cukup besar selama ini. Oleh karena itu, pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta tersebut meyakini Prabowo tak akan menambah resistensi dengan menggandeng Rizieq.

“Saya lebih meyakini kejutan yang terjadi di Pilpres 2019 mendatang itu seperti Prabowo berduet dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau tokoh lain melawan Jokowi (Joko Widodo, red). Jadi sekali lagi, bukan Habib Rizieq,” pungkasnya.
(Muspri-www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua MPR : "Mana Ada Masjid Ajarkan Radikalisme dan Intoleransi"

Ketua MPR : “Mana Ada Masjid Ajarkan Radikalisme dan Intoleransi”

Yogyakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno baru-baru ini menyatakan bahwa pihak pemerintah Provinsi ...