Home > Ragam Berita > Nasional > LSI Beberkan Elektabilitas Paslon Pilgub Jabar 2018

LSI Beberkan Elektabilitas Paslon Pilgub Jabar 2018

Bandung – Lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis tingkat elektabilitas empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

LSI Beberkan Elektabilitas Paslon Pilgub Jabar 2018

Lingkaran Survei Indonesia

Hasil survei yang dilakukan sejak 7 Juni sampai dengan 14 Juni 2018, pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di puncak dengan persentase 38 persen dan bersaing ketat dengan duet maut Demokrat Golkar Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan tingkat elektabilitas 36,6 persen.

Sementara itu, duet maut PDI Perjuangan Mayjen (purn) TB Hasanudin-Irjen Pol (purn) Anton Charliyan berada di 7,7 persen, sedangkan jagoan Gerindra, PKS dan PAN Mayjend (purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu mendapat persentase 8,2 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Toto Izul Fatah menjelaskan, persaingan ketat hanya akan terjadi antara duet Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dengan Incumbent Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

“Kami belum berani berkesimpulan siapa yang akan menang, karena ini bersaing ketat sampai akhir. Kita belum berani, yang pasti tanpa mendahului tuhan, pemenang Pilgub Jabar hanya akan diambil antara Ridwan Kamil atau Deddy Mizwar,” ujar Toto disela ekpose hasil survei di Hotel Citarum Kota Bandung Jawa Barat pada Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, dinamika keduanya akan semakin memanas menjelang pencoblosan pada 27 Juni 2018. Namun, lanjut Toto, keberpihakan suara bawah tanah berada di pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi. Pasalnya, Dedi Mulyadi gencar berkampanye ke polosok, semakin meningkatkan kualitas pengenalan terhadap publik.

Baca juga: Jusuf Kalla Sarankan Anggota DPR Lakukan Kajian sebelum Gulirkan Hak Angket

“Dinamika dalam satu minggu ke depan sangat mungkin terjadi, terutama dengan faktor pemilih grasroot yang di data kita itu tidak ada yang tahu siapapun calon yang bertarung di Jabar ini, tahunya misalnya hanya Deddy Mizwar, jadi bukan mustahil pada saatnya Deddy Mizwar akan diuntungkan oleh perilaku pemilih yang seperti itu,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Foto, Massa Aksi Bentangkan Bendera Raksasa Bertuliskan Kalimat Tauhid

Foto, Massa Aksi Bentangkan Bendera Raksasa Bertuliskan Kalimat Tauhid

Jakarta – Aksi Bela Tauhid berlangsung seharian penuh di depan Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat. Dalam ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135