Home > Ragam Berita > Nasional > BPTJ Beberkan Alasan Tiang LRT Dibangun Tinggi kepada Fahri Hamzah

BPTJ Beberkan Alasan Tiang LRT Dibangun Tinggi kepada Fahri Hamzah

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah curiga proyek Light Rail Transit (LRT) dibangun elevated atau melayang di atas tiang tinggi agar anggarannya bisa digelembungkan. Kata Fahri, mestinya LRT dibangun di bawah tanah.

BPTJ Beberkan Alasan Tiang LRT Dibangun Tinggi kepada Fahri Hamzah

Fahri Hamzah

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menegaskan, sebelum pembangunan LRT di Jakarta maupun Pelambang dimulai, terdapat studi yang dilakukan konsultan independen.

“Sebelumnya jelas ada studi. Tidak mungkin kita mengerjakan sesuatu tanpa dasar,” ujarnya saat ditemui di Harris Hotel Tebet, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Bambang menjelaskan, pembangunan LRT dilakukan melayang di atas tiang pancang yang tinggi karena terdapat infrastruktur yang dibangun terlebih dulu, misalnya jembatan penyeberangan orang. Hal itu sesuai dengan rekomendasi studi.

“Kalau di bawah kan sudah ada proyek MRT (Mass Rapid Transit) kalau Jakarta. Belum tentu juga lebih murah kalau di bawah tanah. Kita membangun tinggi itu bukan mengada-ada,” paparnya.

Baca juga: Kapolri Minta Aparat Netral saat Pilkada, SBY: Terima Kasih untuk Instruksinya

Terkait tudingan biaya pembangunan LRT di Indonesia lebih mahal dibandingkan negara lain, dia jg membantah. Sebab berdasarkan evaluasi Kemenhub, biaya pembangunan LRT di Indonesia lebih murah dibandingkan Malaysia dan Thailand.

“Di Ditjen KA Kemenhub sudah mengevaluasi, ternyata itu lebih murah dibandingkan Malaysia sama Thailand. Angkanya saya lupa, sekitar 5-10% lebih murah,” tegas Bambang. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Anies Baswedan Kembali Ancam Bakal Tutup Diskotek Old City

Jakarta – Gubernur Anies Baswedan mengancam akan menutup diskotek Old City di Tambora, Jakarta Barat. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135