Home > Ragam Berita > Nasional > Menurut Pengamat, Inilah 3 Faktor Penentu Kemenangan Khofifah-Emil Dardak

Menurut Pengamat, Inilah 3 Faktor Penentu Kemenangan Khofifah-Emil Dardak

Surabaya – Salah seorang Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Airlangga Pribadi Kusman mengatakan bahwa hasil quick count Pilgub Jawa Timur yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei memperoleh hasil yang diraih oleh pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Estianto Dardak atas Saifullah Yusuf-Mbak Puti Guntur Soekarnoputri dengan kisaran angka 53 persen melawan 46 persen.

Menurut Pengamat, Inilah 3 Faktor Penentu Kemenangan Khofifah-Emil Dardak

Kemenangan pasangan Khofifah-Emil tersebut terlihat dari tren dukungan suara terhadap pasangan Khofifah-Emil yang semakin lama semakin naik selama 4-5 bulan belakangan ini. Sedangkan, di sisi lain suara Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri yang tertahan. Airlangga Pribadi mengungkapkan hal itu guna menanggapi hasil quick count dari sejumlah lembaga terhadap paslon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, pada Rabu (27/6/2018).

Airlanga mengatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penentu kemenangan dari pasangan Khofifah-Emil atas Gus Ipul-Puti tersebut. Faktor pertama, strategi populisme elektoral yang dijalankan oleh Khofifah dan Emil dimana mereka langsung menyentuh lapisan terbawah dari pemilih menjadi strategi utama yang dilakukan oleh pasangan ini.

“Hal ini membuat hubungan dan identifikasi politik antara Khofifah-Emil dan pemilih bersifat langsung. Hal ini yang juga terjadi dalam strategi kemenangan pasangan Gubernur Jakarta Jokowi-Ahok pada 2012 lalu,” katanya.

Faktor kedua, pertarungan pilgub Jawa Timur ditengah popularitas yang optimal antara Khofifah dan Saifullah Yusuf sangat ditentukan oleh perolehan dukungan yang didapat oleh wakilnya Emil Estianto vs Puti Guntur Soekarnoputri. Dalam sejumlah debat yang telah dilakukan, Emil sukses menunjukkan dirinya sebagai figur pemimpin muda, berkapasitas, berani dan cerdas. Ini menjadi rujukan dari para pemilih di Jawa Timur.

Faktor Ketiga, satu faktor yang menentukan adalah langkah cantik dari Pakde Karwo (Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur) yang pada detik-detik terakhir melansir surat terbuka kepada masyarakat Jawa Timur untuk memilih pasangan KIP-Emil dengan pertimbangan kapasitas calon. Basis dukungan Pakde yang masih kuat baik dikalangan basis Mataraman maupun Kyai ikut memberikan kontribusi suara kepada pasangan Khofifah-Emil Dardak.

“Untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak saat ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan sambutan terima kasih kepada warga Jawa Timur dan mengajak kepada pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri untuk bersatu bersama membangun Jawa Timur,” kata Airlangga yang juga CEO Initiative Institute ini.

Airlangga melanjutkan, sementara untuk pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarnoputri ini adalah saat yang baik untuk menunjukkan kebesaran hati dan memberikan selamat kepada Khofifah Indah Parawansa-Emil Dardak dan ikut bersama-sama memberi dukungan untuk membangun Jawa Timur agar lebih baik lagi kedepannya.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anies Apresiasi Keputusan BI Izinkan Kredit Rumah Tanpa DP

Anies Apresiasi Keputusan BI Izinkan Kredit Rumah Tanpa DP

Jakarta – Baru-baru ini, Bank Indonesia (BI) dikabarkan melakukan relaksasi aturan uang muka (down payment/DP) ...