Home > Ragam Berita > Internasional > Jaksa Nilai Siti Aisyah Sudah Terlatih untuk Lakukan Pembunuhan

Jaksa Nilai Siti Aisyah Sudah Terlatih untuk Lakukan Pembunuhan

Kuala Lumpur – Persidangan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, saudara Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, dilanjutkan. Jaksa Malaysia menyebut terdakwa Siti Aisyah asal Indonesia dan perempuan Vietnam Doan Thi Huong, sebagai pembunuh terlatih dan melakukan aksi kriminal karena telah mengusapkan racun mematikan VX ke wajah Jong-nam.

Jaksa Nilai Siti Aisyah Sudah Terlatih untuk Lakukan Pembunuhan

Siti Aisyah

Jaksa Wan Shaharuddin menyebut dua terdakwa itu tidak mungkin ditunjuk secara acak untuk dijadikan kambing hitam. Menurutnya, mungkin saja mereka –yang sebelumnya Siti Aisyah mengaku sebagai tukang pijat sedangkan Doan seorang aktris– memiliki dua kehidupan berbeda.

“Tipe pembunuhan seperti ini hanya bisa disaksikan di film James Bond. Mereka tidak dipilih secara sembarangan. Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan dan mereka berhasil melakukan itu,” kata Wan.

“Tidak ada ruang bagi kesalahan. Hanya orang-orang terpilih yang bisa memastikan hal tersebut,” lanjut dia sebagaimana diberitakan Associated Press pada Kamis (28/6/2018).

Dalam keterangannya, Wan menambahkan bahwa berdasarkan video yang ada, pembunuhan ini bukan guyonan semata. Wan yakin pembunuhan ini telah direncanakan dan kedua perempuan itu berniat untuk membunuh Jong-nam karena mereka dengan sengaja menyerang matanya.

Ahli pun telah menjelaskan bahwa mata merupakan organ tubuh yang paling vital untuk menyebarkan racun syaraf.

“Adanya unsur keagresifan seharusnya meniadakan dugaan bahwa kasus ini hanya guyonan. Guyonan itu ada unsur lelucon, tapi rekaman video membuktikan terdakwa tak tertawa selama penyerangan dilakukan,” jelas Wan.

Baca juga: Najib Tegaskan Terima Hadiah Bukan Termasuk Pelanggaran Hukum

Wan juga mengatakan adanya aksi kriminal yang dilakukan Siti dan Doan. Menurut dia, dua perempuan itu menggunakan kekuatan tubuhnya untuk mengusapkan racun di mata dan wajah Jong-nam yang memiliki berat 100 kilogram dan tinggi 1,7 meter.

“Dua terdakwa hendak melakukan aksinya dengan cepat, makanya mereka harus melakukannya dengan agresif. Kalau tidak Jong-nam mungkin saja melawan mereka dan misinya gagal,” terang Wan. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Lembaga Hak Asasi Manusia Imbau PBB Selidiki Kasus Khashoggi

Washington – Empat lembaga hak asasi manusia dan kebebasan pers mendesak Turki meminta penyelidikan dari ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135