Home > Ragam Berita > Nasional > Kepergok Berkampanye, Pengawas TPS di Bekasi Langsung Dipecat

Kepergok Berkampanye, Pengawas TPS di Bekasi Langsung Dipecat

Bekasi – Pelanggaran dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 masih saja ditemukan disejumlah daerah. Kali ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh petugas disalah satu TPS.

Kepergok Berkampanye, Pengawas TPS di Bekasi Langsung Dipecat

Ilustrasi

Bawaslu menilai bahwa petugas TPS tersebut tidak dapat bersikap netral dan ikut mengkampanyekan salah satu pasangan calon di Kabupaten Bekasi. Oleh karena itu pihak Bawaslu terpaksa mengambil sikap tegas dengan memecat petugas tersebut.

“Terkait aspek netralitas dari penyelenggara, masih ada pengawas yang menjadi tim bagian kampanye atau pendukung salah satu paslon, ternyata yang bersangkutan berkampanye di sosial media terhadap salah satu calon,” kata Ketua Bawaslu Jabar Yulianto kepada wartawan di kantor Panwaslu Depok, Jl Raya Citayam No.45, Ratu Jaya, Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (28/06/2016).

Baca juga : Kemendagri Minta Paslon Yang Menang Tidak Gelar Perayaan Berlebihan

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan penelusuran pada semua petugas TPS yang berjaga. Dari situlah pihaknya mendeteksi petugas TPS tersebut sebagai salah satu simpatisan salah satu paslon karena pernah ikut berkampanye.

“Kami menemukan gambar pengawas TPS itu pernah ikut kampanye menggunakan atribut salah satu paslon,” jelasnya.

Pelanggaran yang sama juga terjadi di TPS yang lain. Namun pelanggaran kali ini tidak hanya dilakukan oleh perseorangan, melainkan kelompok petugas TPS. Yulianto mengatakan bahwa pihaknya berhasil mengamankan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang menjadi petugas kampanye salah satu paslon.

“Kebocoran ini meski tidak banyak, tapi terjadi,” pungkasnya.
(MUspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

OK OCE Mart Tutup, Sandiaga : "Itu Namanya Bisnis"

OK OCE Mart Tutup, Sandiaga : “Itu Namanya Bisnis”

Jakarta – Mengenai adanya penutupan pada gerai OK OCE Mart, Sandiaga Uno mengakui bahwa terdapat ...