Assen – Pembalap Tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memiliki harapan jelang tampil di seri kedelapan MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (1/7/2018) malam WIB. The Doctor –julukan Rossi– berharap cuaca di Assen cerah.

Rossi Berharap Cuaca Cerah saat Mengaspal di MotoGP Belanda 2018

Jika cuaca mendukung, bukan tak mungkin Rossi akan meraih kemenangan perdana bagi Yamaha di MotoGP 2018. Rossi memang tampil prima saat Assen dinaungi cuaca cerah, setidaknya dalam tiga musim terakhir.

Saat mentas di cuaca cerah pada 2015 dan 2017, Rossi keluar sebagai pemenang. Pada 2016, Rossi gagal finis setelah terjatuh. Kala itu hujan deras mengguyur Sirkuit Assen. Padahal, sebelum terjatuh Rossi sedang memimpin balapan.

Selain itu, Rossi memiliki modal untuk menjadi yang terbaik di MotoGP Belanda 2018. Pada sesi latihan bebas satu dan dua yang berlangsung Jumat 29 Juni 2018, Rossi tak pernah keluar dari posisi empat besar. Konsistensi itu yang tidak dimiliki pemuncak klasemen sementara MotoGP 2018, Marc Marquez (Repsol Honda).

Setelah menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas pertama, The Baby Alien –julukan Marquez– turun tujuh posisi di sesi selanjutnya. Karena itu, jangan heran jika pada akhirnya Rossi mencatatkan hasil positif di Sirkuit Assen. Saat ini, Rossi tercatat sebagai pembalap tersukses di Sirkuit Assen dengan koleksi delapan kemenangan.

“Motor bekerja dengan baik di Assen. Ban juga bekerja bagus dengan mengeluarkan kecepatan maksimal di banyak lap. Meski begitu, kami harus membuat pemilihan ban yang tepat pada Minggu (hari balapan). Saya juga berharap, cuaca dapat cerah sepanjang akhir pekan ini,” kata Rossi sebagaimana diberitakan laman resmi MotoGP pada Sabtu (30/6/2018). (Tita Yanuantari – harianindo.com)