Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Kalim Sudah Tempatkan Ribuan CCTV di Sudut Kota

Pemprov DKI Kalim Sudah Tempatkan Ribuan CCTV di Sudut Kota

Jakarta – Guna menekan angka kriminalitas, Pemprov DKI Jakarta memasang ribuan kamera pengawas di setiap sudut kota Jakarta. Sampai dengan hari ini, terhitung sudah ada ribuan closed circuit television (CCTV) yang terpasang di Jakarta.

Pemprov DKI Kalim Sudah Tempatkan Ribuan CCTV di Sudut Kota

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, CCTV tersebut terintegrasi dengan Jakarta Smart City. Apabila terjadi tindakan kriminalitas, dapat memudahkan aparat penegak hukum untuk mencari pelakunya.

“Total sudah terintegrasi sekitar 7.143 kamera CCTV. Pihak berwajib sering berkoordinasi dengan Diskominfotik Provinsi DKI Jakarta terkait bantuan penanganan masalah kejadian yang membutuhkan data dari kamera CCTV terdekat yang sudah terintegrasi di portal JSC,” kata Sandiaga, di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Sandiaga mengklaim, keberadaan CCTV tersebut sudah mengurangi tindakan kriminalitas yang biasa terjadi di Ibu Kota. Dia mengambil contoh kasus tawuran di Johar Baru Jakarta Pusat yang telah mengalami penurunan sejak dipasang CCTV di kawasan tersebut.

“Sebagai contoh, jumlah kejadian tawuran yang kerap terjadi di wilayah Johar Baru sudah berkurang sejak dipasangnya sejumlah kamera CCTV di wilayah tersebut,” ujarnya.

CCTV ini juga diharapkan dapat mencegah dan meminimalisasi tindak penjambretan yang sempat terjadi di beberapa wilayah di Ibu Kota. Namun, Sandiaga juga meminta kewaspadaan dari masyarakat agar mencegah tindakan tersebut terjadi.

“Untuk mencegah tindak penjambretan, saya mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan penggunaan barang-barang atau aksesori yang dapat mengundang terjadinya kejahatan di ruang publik,” ujarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengapa Prabowo Masih Belum Menentukan Cawapresnya? Ini Kata Pengamat Politik

Mengapa Prabowo Masih Belum Menentukan Cawapresnya? Ini Kata Pengamat Politik

Jakarta – Hingga saat ini, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto belum juga menentukan siapa sosok ...