Home > Ragam Berita > Nasional > Ini Dia Daftar Cawapres Jokowi Ideal Menurut LSI Denny JA

Ini Dia Daftar Cawapres Jokowi Ideal Menurut LSI Denny JA

Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA baru saja merilis hasil surveinya terkait siapa calon wakil presien paling ideal menurut masyarakat untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

Ini Dia Daftar Cawapres Jokowi Ideal Menurut LSI Denny JA

Survei dilakukan pada 28 Juni – 5 Juli 2018 dengan metode multistage random sampling. Survei yang dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuisioner ini diklaim memiliki margin of error 2,9 persen.

Siapa cawapres ideal untuk Jokowi dari hasil survei dibagi menjadi beberapa kategori, yakni cawapres Jokowi agar kuat di parlemen, agar ekonomi Indonesia tumbuh, cawapres dari TNI-Polri, dan cawapres dari tokoh agama.

Untuk kategori cawapres ideal agar kuat di perlemen, nama tertinggi dari hasil survei dipegang oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto dengan suara 35,7 persen. Disusul Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (21,5 persen), serta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuzy (16 persen). Sedangkan 18,5 persen responden memilih tokoh-tokoh lainnya, dan 8,3 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Untuk kategori agar ekonomi Indonesia tumbuh, cawapres paling ideal menurut hasil survei yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani (32,5 persen), kemudian Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (24,5 persen), disusul pengusaha Chairul Tanjung.

Sedangkan untuk kategori TNI-Polri, cawapres ideal Jokowi yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian (32,6 persen), Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko (29 persen), dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto (25,7 persen).

Cawapres ideal Jokowi dari tokoh agama yakni Ketua MUI Ma’ruf Amin (21 persen), tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin (17,2 persen), Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi (12,3 persen), dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (9,5 persen).

LSI Denny JA juga melakukan survei dengan respon para yang mewakili Indonesia bagian barat, tengah, dan Indonesia timur. Lima orang yang terpilih tanpa dirangking yakni Moeldoko, Sri Mulyani, Airlangga Hartanto, Mahfud MD dan Tito Karnavian.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Lewat Akun Twitter, Mahfud MD Beri Apresiasi Upaya KPK Yang Usut Kasus Suap Meikarta

Lewat Akun Twitter, Mahfud MD Beri Apresiasi Upaya KPK Yang Usut Kasus Suap Meikarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai berani ketika tengah mengusut kasus dugaan suap dalam ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135