Jakarta – Menteri Susi Pudjiastuti akhirnya mendapat ijazah paket C setara SMA. Menariknya, dorongan untuknya agar mau ikut ujian salah satunya datang dari Anies Baswedan.

Ada Peran Anies Di Balik Keputusan Menteri Susi Ambil Program Paket C

Fika Fawzia selaku Ketua Unit Kerja Menteri Kelautan dan Perikanan bercerita bahwa ada dorongan Anies ke Susi untuk mengejar paket C. Saat itu tanggal 16 Juni 2015, Anies masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Melalui akun instagramnya, Fika bercerita bahwa “Usai sidang kabinet di kantor Presiden, Pak Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, menghampiri Ibu Susi dan menanyakan sesuatu yang di luar dugaan. ‘Ibu, tahun depan Ibu ikut ujian Paket C mau tidak?’,”

Fika mengatakan, Susi tak begitu saja menerima saran Anies. Namun, Anies tetap berkukuh.

“Ibu Susi menjawab Pak Anies dengan canda, ‘Ha…ha…ha…, yang bener adalah saya menunggu ijazah SMA 35 tahun tidak jadi-jadi’. Pak Anies kemudian tetap membujuk Ibu Susi bahwa permintaannya serius, karena Pak Anies ingin Ibu Susi menjadi contoh dan panutan untuk gerakan wajib sekolah 12 tahun serta mempromosikan program Paket C yang ditawarkan Kemendikbud,” beber Fika.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)